Menghindari phising dan pencurian data pribadi
8750

Pelaku phising biasanya mengirimkan email untuk mengumpulkan informasi sebelum melakukan serangan siber. Email yang dikirim oleh pelaku phising biasanya menyertakan link atau tautan. Namun, ada juga email kosong yang tidak ada teksnya. Hal ini tentu saja menarik perhatian untuk menge-klik email tersebut. Berikut penjelasan cara mengatasi phising.

Cara Mengatasi Phising

Berbagai virus bisa disisipkan melalui email yang masuk yang kotak pesan Anda. Jika tidak waspada, data†data pribadi Anda bisa saja dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu, bagaimana cara mengatasi phising?

1. Periksa Nama dan Email

Perusahaan selalu menggunakan email atas nama perusahaan yang menggunakan domain web perusahaan. Baca dengan seksama nama dan alamat pengirim yang tertera. Waspadalah dengan nama plesetan dari perusahaan terkenal.

Baca juga:  10 Jenis Virus Komputer dan Virus Paling Berbahaya

2. Baca Isi Pesan dengan Seksama

Pelaku phising biasanya akan menggunakan kata atau kalimat bernada darurat atau sangat penting. Setelah itu, mereka akan meminta data diri untuk dikirimkan uang. Jika Anda menerima email seperti itu, abaikan saja.

3. Periksa Tanda Tangan

Orang dari perusahaan resmi biasanya akan menampilkan identitas resmi seperti nama, alamat, dan kontak perusahaan dengan jelas. Abaikan email jika hal-hal tersebut tidak ada dalam email.

4. Jangan Klik Link atau File Apa Pun

Pelaku phising akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan informasi personal agar korban terpancing. Biasanya, pelaku akan mengirimkan link, voucher gratis, atau file gratis untuk diunduh. Jangan unduh atau klik sembarangan jika pengirim emailnya mencurigakan karena biasanya ada malware yang disematkan di sana.

5. Jangan Membalas Email Tersebut

Membalas email phising akan membuat Anda terlihat rentan dan mudah dimanfaatkan.

Jangan mudah percaya dengan email yang tidak jelas siapa pengirimnya. Kejahatan phising adalah penipuan untuk mengambil alih akun atau menggali informasi pribadi yang akhirnya bisa merugikan diri Anda. Pastikan selalu waspada terhadap semua email yang masuk.

Itulah beberapa cara mengatasi phising. Anda harus memasang antivirus untuk melindungi perangkat yang Anda miliki dan aman dari berbagai macam serangan siber.

Jika kantor Anda membutuhkan laptop baru, Asani bisa membantu kantor Anda dengan menyediakan perangkat IT bagi semua karyawan perusahaan Anda. Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan di perusahaan Anda.

Asani adalah jasa berbasis langganan karena dengan sewa laptop di Asani, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain seperti asuransi dan konsultasi dengan IT Expert. Dengan menyewa, perusahaan Anda berkontribusi dalam membantu mengurangi limbah elektronik yang ada di dunia.

Lihat  katalog Asani  lengkap untuk kebutuhan  design graphic, editing video,  develop  website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga:  Akibat Tidak Menggunakan Antivirus di Laptop

Post comment

Product Enquiry