cara meningkatkan penjualan
1720

Apakah Anda ingin mengoptimalkan penjualan produk Anda, baik secara online maupun offline? Selain menggunakan promosi untuk meningkatkan penjualan, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Contohnya, menggunakan strategi bundling, memperluas target pasar, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menerapkannya dengan baik, Anda perlu memahami cara-cara meningkatkan penjualan tersebut secara mendalam. Penasaran dengan strategi apa saja yang dapat membantu meningkatkan penjualan Anda? Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Cara Meningkatkan Penjualan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya Anda harus mampu untuk mengombinasikan bermacam strategi sebagai cara meningkatkan penjualan. Namun perlu diingat, bahwa Anda juga harus menerapkan cara-cara tersebut secara konsisten agar penjualan semakin optimal. Berikut contoh cara atau strategi meningkatkan penjualan yang bisa Anda terapkan.

1. Memperluas Target Pasar

Cara meningkatkan penjualan yang pertama adalah dengan memperluas target pasar. Dalam hal ini, Anda perlu memanfaatkan seluruh media untuk memasarkan produk. Terdapat banyak platform jual beli secara online yang bisa Anda manfaatkan. Untuk memaksimalkan penargetan, gunakan platform jual beli yang banyak dipakai target audiens untuk memasarkan produk Anda.

Meski begitu, Anda juga perlu memasarkan produk Anda secara offline karena tidak semua orang menggunakan media online untuk melakukan jual beli. Dengan hadir di berbagai platform untuk memasarkan produk, maka target pasar Anda akan semakin meluas sehingga penjualan akan berpotensi meningkat.

2. Memberikan Promo dan Penawaran Menarik

Cara meningkatkan penjualan selanjutnya adalah dengan memberikan promo dan penawaran yang menarik. Promo merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan yang efektif dan bisa diterapkan secara online maupun offline

Ada banyak promo yang bisa Anda gunakan, seperti pemberian diskon, beli satu gratis satu, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan momen yang sedang berlangsung. Contoh, Anda bisa memasang promo spesial Ramadan pada produk-produk Anda ketika bulan puasa sudah tiba.

Ketika memasang promo, Anda juga bisa memberikan timer. Dengan memasang timer, tingkat urgensi dari para konsumen akan meningkat karena mereka tidak mau ketinggalan promonya. Dengan begitu, mereka akan langsung segera membeli produk Anda tanpa pertimbangan yang lama. 

Baca juga: Mengenal Financial Leverage, Strategi Memperoleh Keuntungan

3. Memanfaatkan Digitalisasi sebagai Media Pemasaran

Cara meningkatkan penjualan ketiga adalah dengan memanfaatkan digitalisasi sebagai media pemasaran. Meningkatkan penjualan secara digital tidak hanya dengan berjualan melalui platform jual beli online saja, Anda bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan pemasaran digital.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat konten-konten menarik serta relevan dengan produk yang dijual, lalu upload di berbagai media sosial agar semakin banyak orang yang mengenal produk tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) agar produk Anda semakin mudah ditemukan di mesin pencari.

4. Memanfaatkan Strategi Bundling

Strategi bundling merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan yang bisa Anda lakukan.. Strategi bundling merupakan strategi di mana Anda akan menjual produk-produk yang ada dalam bentuk paket.

Konsumen akan tertarik untuk membeli produk bundling karena memiliki harga yang lebih murah daripada harga eceran. Selain itu, produk yang dijual secara bundling biasanya sudah dipasangkan dengan produk lain yang relevan. 

Contoh, sebuah laptop bisa dijual secara bundling dengan produk lain seperti mouse, keyboard, dan tas laptop. Tentunya, para konsumen akan lebih tertarik membeli laptop bundling karena sudah lengkap dengan produk pendukung lainnya.

5. Memperkuat Branding

Anda bisa memperkuat branding produk sebagai cara meningkatkan penjualan. Dengan cara ini, para konsumen akan semakin mengenal dan mengingat produk-produk yang Anda tawarkan. Untuk memperkuat branding, buatlah logo, warna, visual, dan slogan yang unik dan cocok dengan produk Anda.

Melalui elemen-elemen visual tersebut, tunjukkan ciri khas unik dari produk Anda yang membuatnya berbeda dengan produk lain. Konsistensi adalah kunci utama dalam meningkatkan branding karena brand yang Anda bangun tidak akan langsung jadi besar dalam sekejap. 

6. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Cara meningkatkan penjualan selanjutnya adalah dengan meningkatkan loyalitas pelanggan. Menarik pelanggan atau konsumen baru adalah hal yang perlu dilakukan. Namun, Anda juga tidak boleh melupakan para konsumen lama.

Berikan mereka informasi terbaru mengenai produk Anda dan promo-promo menarik khusus untuk para konsumen lama. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu meminta umpan balik dari mereka. Masukan-masukan dari mereka bisa menjadi hal yang berharga untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanan bisnis Anda.

7. Memberikan Bukti dari Review dan Testimoni

Memberikan bukti dari review dan testimoni merupakan cara meningkatkan penjualan yang mudah untuk dilakukan. Para konsumen cenderung akan membeli suatu produk yang memiliki ulasan dan testimoni positif. Maka dari itu, Anda juga perlu untuk menampilkan review serta testimoni dari produk Anda.

Setiap kali selesai melakukan transaksi, jangan ragu untuk meminta testimoni kepada para pelanggan. Anda juga bisa meminta review produk dari konsumen untuk meyakinkan calon konsumen bahwa produk Anda benar-benar bagus dan berkualitas.

Baca juga: Cara Menghitung BEP Rupiah serta Contohnya, Wajib Tahu!

8. Memberikan Pelayanan Terbaik

Cara meningkatkan penjualan ini tidak boleh untuk dilewatkan karena sebagus apapun produk Anda, para konsumen tidak akan mau membelinya jika pelayanan yang diberikan sangat buruk. 

Bersikap sopan dan menghargai para konsumen adalah hal yang wajib Anda lakukan untuk meningkatkan pelayanan. Apabila diperlukan, Anda juga bisa membuat SOP perusahaan yang berisi prosedur pelayanan konsumen. Dengan SOP tersebut, para karyawan yang bertugas melayani konsumen bisa terbantu.

Jika para konsumen sudah nyaman dan suka dengan pelayanan yang Anda berikan, maka mereka tidak akan ragu untuk melakukan transaksi ulang dan merekomendasikan produk Anda ke orang lain.

9. Berikan Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Meski terdengar sepele, cara meningkatkan penjualan yang satu ini tidak boleh Anda lupakan. Tak jarang, seorang konsumen akan mengurungkan niatnya untuk bertransaksi jika metode pembayaran yang ia pilih tidak tersedia. Maka dari itu, sebaiknya Anda memberikan pilihan metode pembayaran selengkap mungkin.

Sediakan sistem COD (Cash on Delivery), transfer dari e-wallet, dan metode pembayaran lain yang sering digunakan konsumen. Dengan menyediakan berbagai metode pembayaran, transaksi yang akan dilakukan bisa semakin lancar.

10. Terus Meningkatkan Kualitas Produk

Cara meningkatkan penjualan yang terakhir adalah dengan terus meningkatkan kualitas dari produk Anda. Meskipun mahal, para konsumen tidak akan ragu untuk membeli suatu produk apabila kualitas yang ditawarkan produk tersebut terjamin. Maka dari itu, tidak ada ruginya untuk terus meningkatkan kualitas produk Anda.

Lebih lanjut, pertimbangkan masukan yang diberikan konsumen dan terus perhatikan pergerakan pasar untuk meningkatkan kualitas produk. Cara menaikkan omzet penjualan yang satu ini perlu dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang semakin optimal. 

Itu dia beberapa cara meningkatkan penjualan yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan kinerja bisnis Anda. Dengan konsistensi dan dedikasi yang tinggi dalam mengimplementasikan cara-cara agar penjualan meningkat di atas, omzet bisnis berpotensi untuk naik. 

Selain itu, untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis online Anda, penggunaan perangkat IT yang berkualitas juga penting. Untuk itu, Asani hadir sebagai solusi dengan menyediakan layanan sewa perangkat IT berkualitas.

Dengan beragam pilihan perangkat, seperti laptop, komputer, dan peralatan rapat lengkap, Asani dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan untuk membantu memaksimalkan kinerja bisnis online Anda.’

Tak hanya menyediakan berbagai perangkat IT, Asani juga menawarkan layanan pengelolaan aset perusahaan yang efisien melalui aplikasi MyAsani. Dapatkan juga solusi terbaik mengenai pengadaan perangkat IT di perusahaan Anda dengan berkonsultasi secara gratis bersama tim Asani.

Jadi, ayo kunjungi katalog Asani untuk informasi lebih lengkap dan segera ajukan penawaran melalui WhatsApp ataupun email ke cs@asani.co.id sekarang juga!

Baca juga: Mengenal Konsep Fraud Triangle untuk Mencegah Kecurangan

Share

Post comment

Product Enquiry