IT managed service
3690

Mungkin Anda sedikit asing dengan istilah IT managed services pada operasional perusahaan yang bertransformasi ke arah digital. Global IT managed services sejatinya memberikan sejumlah keuntungan terhadap perusahaan, mulai dari manajemen layanan yang efektif hingga mendapatkan solusi atas kendala operasional.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu IT managed services, yuk simak pembahasannya dalam artikel berikut.

Apa itu IT Managed Services?

Pengertian IT managed services adalah industri pihak ketiga yang menawarkan jasa atau layanan untuk pengelolaan IT suatu perusahaan. Jasa yang ditawarkan oleh IT managed services mencakup, keamanan, pemantauan, dan evaluasi infrastruktur jaringan.

Bagi sebuah perusahaan, IT managed services memberikan sejumlah manfaat, salah satunya yaitu terkelolanya manajemen layanan dengan efektif tanpa harus memikirkan gangguan jaringan.

Keuntungan IT Managed Services bagi Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dasarnya, kini Anda perlu masuk ke pembahasan seputar keuntungan IT managed services bagi perusahaan. Pada dasarnya, semua perusahaan menginginkan operasionalnya berjalan secara lancar dan optimal. 

Namun, sumber daya manusia (SDM) internal perusahaan belum tentu dapat mencukupi kebutuhan akan management services, seperti memastikan keamanan jaringan hingga pengelolaan infrastruktur IT. Selain itu, tentunya dibutuhkan biaya yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Berkenaan dengan ini, IT managed services hadir sebagai solusi dengan menawarkan berbagai layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Adapun sejumlah keuntungan IT managed services adalah sebagai berikut:

1. Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan tentunya menjadi salah satu aspek penting yang harus dipastikan oleh perusahaan guna mencegah tersebarnya data ke pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Sayangnya, keamanan cloud dan jaringan ini cukup kompleks, sehingga dibutuhkan kemampuan khusus dalam pengaturannya.

Di sinilah peran IT managed services. Penyedia jasa akan mengerahkan tim IT andalnya untuk membantu perusahaan Anda dalam menjaga keamanan jaringan cloud perusahaan termasuk mencegah terjadinya cyber crime.

2. Biaya Maintenance yang Lebih Rendah

Keuntungan lain dari layanan IT managed services adalah biaya pemeliharaan atau maintenance yang lebih terjangkau. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan teknologi seperti cloud computing atau network setup membutuhkan pemeliharaan berkala.

Belum lagi, merekrut pegawai untuk menangani managed services membutuhkan program training yang tidak murah. Dengan mengandalkan perusahaan managed services, Anda dapat mengalihkan pengeluaran untuk kebutuhan operasional lainnya.

Baca juga: Sistem ERP: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, Hingga Contohnya

3. Sistem Infrastruktur yang Baik

Untuk mendukung pelayanan yang maksimal dan optimal kepada pelanggan, suatu perusahaan membutuhkan dukungan infrastruktur yang baik. Dapat dikatakan, sistem yang terintegrasi dalam perusahaan mampu meningkatkan ketahanan usaha jangka panjang.

Salah satu infrastruktur yang dapat menopang tujuan tersebut adalah Disaster Recovery as a Service yang memungkinkan perusahaan Anda tetap bekerja dengan perlindungan data ekstra. Layanan tersebut bisa Anda dapatkan dari IT managed services.

4. Respons yang Cepat

Tim IT yang dikerahkan dari layanan IT managed services senantiasa menerima dan melayani laporan terkait isu atau kendala, baik pada unit maupun gangguan cloud yang perusahaan Anda alami.

Bahkan, penyedia layanan IT juga kerap memberikan jaminan berupa asuransi yang dapat melindungi perangkat dari kerusakan atau kecelakaan.

5. Membantu Mengatasi Keterbatasan Skill pada SDM

Menggunakan layanan managed services merupakan pilihan tepat apabila perusahaan Anda belum memiliki SDM dengan keterampilan atau pengalaman mengelola operasi IT.

Sehingga, Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk merekrut tambahan tenaga kerja di bidang IT dengan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu, IT managed services merupakan solusi yang dapat diandalkan tanpa menjadi beban finansial.

6. Memastikan Pengelolaan yang Dapat Diandalkan

Selanjutnya, keuntungan dari IT managed services adalah memastikan pengelolaan yang dapat diandalkan oleh perusahaan. Selain menyediakan kebutuhan bisnis akan pengelolaan teknologi dan informasi, managed services biasanya juga bertanggung jawab terhadap kesehatan layanan.

Dengan begitu, perusahaan yang berlangganan managed services akan mendapatkan layanan setiap saat tanpa perlu khawatir terhadap pemadaman listrik atau kegagalan sistem.

7. Keberlangsungan Perusahaan

Managed services akan mengurus segala kebutuhan berkaitan dengan informasi dan teknologi perusahaan Anda. Anda akan memiliki waktu lebih untuk menangani dan mengurus permasalahan perusahaan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Apa itu Server Maintenance? Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Apa saja Tipe-Tipe IT Managed Services?

Supaya lebih mengenal managed service provider (MSP), terdapat beberapa tipe penyedia manajemen yang dapat dibagi sesuai dengan kriteria layanan. Berikut merupakan daftar tipe IT managed services yang umum digunakan oleh berbagai perusahaan:

    • Pure-play MSP. Pada umumnya, penyedia layanan Pure-play MSP berfokus pada pemantauan jaringan dan performa aplikasi saja. Tak hanya itu, provider ini juga menawarkan layanan yang berupa pelaporan dan peringatan terhadap kendala tertentu secara berkala.
  • Staffing legacy MSP. Penyedia layanan manajemen ini memiliki segmen pasar yang menargetkan perusahaan menengah dan menawarkan berbagai fasilitas seperti monitoring, pelaporan, dan konfigurasi perangkat lunak.
  • High-level MSP. MSP satu ini terdiri dari beragam penyedia layanan manajemen yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan outsourcing sesuai kebutuhan perusahaan. Biasanya, high-level MSP menawarkan berbagai layanan, mulai dari dukungan remote, maintenance, hingga bantuan penagihan. 

Cara Kerja IT Managed Services

Managed services memberikan dukungan teknis yang fokus utamanya yaitu perbaikan jarak jauh atau pengiriman IT expert ke lokasi untuk menyelesaikan permasalahan perusahaan.

Untuk itu, Anda diwajibkan untuk membayar biaya berlangganan atau upah sewa atas layanan yang diberikan. Selain model layanan berlangganan, sebagian managed services juga menyediakan perbaikan dengan biaya upah atas waktu dan suku cadang.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai IT managed services beserta keuntungan dan cara kerjanya. Seperti yang telah disebutkan, penerapan IT managed services dapat membantu perusahaan Anda dalam mengoptimalkan pelayanan. Bahkan, solusi ini juga diyakini dapat memberi dukungan teknis kepada seluruh staf perusahaan. 

Bagi Anda yang tertarik dan ingin memperoleh layanan IT service yang terjamin, Asani merupakan pilihan tepat. Asani merupakan perusahaan yang menyediakan layanan IT Hardware Service untuk penyewaan perangkat hingga konsultasi terkait permasalahan pada perangkat IT.

Tidak sampai sana, Asani juga menyediakan layanan IT Asset Management gratis untuk membantu memudahkan proses pengelolaan aset perusahaan, yaitu MyAsani. MyAsani memiliki fitur unggulan yang bisa Anda manfaatkan, seperti fitur kelola perusahaan, kelola pengguna, kelola aset, hingga pusat resolusi.

Jadi, tunggu apa lagi. Yuk daftar sekarang dan terapkan manajemen pengelolaan aset perusahaan bersama Asani!

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik dan Terbaru 2023

Post comment

Product Enquiry