Model bisnis subscription
7790

Pernah berlangganan aplikasi streaming film atau musik? Atau berlangganan katering untuk makan siang di kantor? Model bisnis subscription ini ternyata sudah terbukti ada manfaatnya bagi pebisnis dan customer. Bagi bisnis, model bisnis subscription adalah cara yang bagus untuk memperoleh pendapatan yang sudah dapat diprediksi. Bagi pelanggan, model bisnis subscription sangat menguntungkan karena bisa disesuaikan dengan selera atau kebutuhan mereka.

Manfaat Model Bisnis Subscription untuk Pebisnis

Model bisnis subscription atau berlangganan akan menjadi sebuah strategi yang penting di masa mendatang. Sekarang saja sudah mulai banyak yang memberlakukan model bisnis ini. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat jika Anda ingin memulai model bisnis subscription:

1. Kenyamanan

Bisnis berbasis subscription bisa memberikan kenyamanan bagi pengusaha karena model bisnis subscription ini menyederhanakan proses bisnis bagi perusahaan. Perusahaan tidak harus selalu mencari pesanan baru dari klien lama sehingga perusahaan bisa fokus untuk mengembangkan produk maupun mencari klien baru. Namun, perusahaan juga harus bisa memastikan pelanggan lama tetap senang menggunakan layanan Anda.

Baca juga: Sewa Laptop untuk Perusahaan, Apakah Data Perusahaan Aman?

2. Menurunkan Biaya Retensi

Dengan model bisnis subscription, perusahaan mampu mempertahankan lebih banyak pelanggan dalam jangka panjang. Makin lama pelanggan setia pada produk, maka makin tinggi tingkat retensi dan makin besar nilai CLTV (Customer Lifetime Value). Hal ini berarti akan membuat keuntungan makin besar. Hal ini sangat memungkinkan untuk peningkatan pendapatan yang berkelanjutan. Jika hubungan Anda dengan klien lama baik, maka Anda tidak perlu lagi menargetkan mereka dengan pemasaran ulang yang ekstensif. Pelanggan yang berkomitmen pada pembayaran rutin cenderung tidak melakukan churn, yang berarti Anda tidak perlu menghabiskan anggaran Anda dengan pemasaran retensi.

3. Memprediksikan Keuangan dengan Lebih Baik

Dengan model bisnis subscription, perusahaan mampu memprediksi jumlah pendapatan di masa depan dengan tepat. Pelanggan dapat memutuskan untuk membatalkan langganan tanpa peringatan, tetapi sebagian besar, perkiraan keuangan jauh lebih mudah dengan model berlangganan. Anda juga bisa menetapkan anggaran yang sesuai untuk pemasaran.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Bagi pelanggan, menerima produk atau layanan reguler adalah hal yang dinantikan setiap bulan. Jika Anda memiliki model bisnis subscription yang selalu memberikan hal berbeda setiap bulan, maka hal itu akan membuat pelanggan terus menantikan produk Anda. Apalagi jika mereka suka, pasti mereka akan membagikan ataupun merekomendasikan layanan Anda kepada orang lain. Hal ini akan sangat membantu brand Anda untuk dikenal banyak orang.

5. Manajemen Cash flow yang Lebih Baik

Manfaat dari model bisnis subscription adalah adanya pendapatan berulang sehingga arus kas menjadi konsisten. Pembayaran berulang manual maupun otomatis membuat perusahaan mudah untuk mempertahankan arus kas yang teratur, tepat waktu, dan dapat diprediksi. Dengan pembayaran otomatis bahkan Anda dapat meningkatkan interaksi klien dan mengurangi jumlah pembayaran yang terlambat.

Manfaat Model Bisnis Subscription untuk Customer

Yuk, simak manfaat menggunakan model bisnis subscription bagi customer:

1. Kenyamanan

Anda akan merasa nyaman karena mendapatkan apa yang Anda inginkan dan butuhkan secara teratur tanpa perlu repot menjemput barang atau layanan. Dan jika Anda lupa membayar, pasti ada pesan notifikasi atau layanan pengingat agar Anda memperbarui pembayaran.

2. Pengalaman personal

Layanan berbasis langganan biasanya akan memberikan pengalaman personal yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pemberi layanan akan dengan hati-hati menyiapkan dan mempertimbangkan preferensi dengan kebutuhan pengguna.

3. Value

Menggunakan layanan berlangganan bisa memberikan nilai tambah kepada Anda karena biasanya pemberi layanan akan memberikan penawaran bundling atau penawaran membeli banyak barang dengan harga satu. Anda juga bisa mendapatkan layanan tambahan yang bermanfaat.

Gimana? Apakah Anda sudah termasuk orang-orang yang merasakan kemudahan dalam layanan berlangganan atau ingin membuat model bisnis subscription?

Jasa Asani juga bisa dikatakan berbasis langganan lho karena dengan sewa laptop di Asani, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain seperti asuransi dan konsultasi dengan IT Expert. Asani menyediakan berbagai merek laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jadi, jika Anda membutuhkan laptop terbaik dengan tambahan layanan konsultasi dengan IT Expert, segera hubungi Asani. Asani menyediakan laptop berbagai merek untuk kebutuhan pekerja kantoran.

Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.

Baca juga: Kawasan Pusat Bisnis di Tangerang

Post comment

Product Enquiry