video conference adalah
980

Di era digital ini, komunikasi menjadi semakin penting dan mudah. Salah satu teknologi yang membantu kelancaran komunikasi adalah video conference. Video conference adalah salah satu teknologi modern yang memungkinkan orang untuk melakukan pertemuan tatap muka secara real time, meskipun mereka berada di lokasi yang berbeda. 

Teknologi ini menggunakan kombinasi audio, video, dan internet untuk menghubungkan para penggunanya. Ingin tahu lebih dalam tentang video conference? Mari kita selami pengertian, fungsi, dan manfaatnya dalam artikel ini!

Apa itu Video Conference?

Video conference adalah layanan yang memungkinkan orang-orang untuk bertemu secara tatap muka, meskipun sedang berada di lokasi berbeda. Teknologi ini menggunakan video dan audio untuk menghubungkan pengguna yang berjauhan melalui internet. 

Dalam video conference, pengguna bisa saling melihat dan mendengar satu sama lain secara real time, sehingga dapat tercipta percakapan yang alami. Dengan adanya teknologi video conference, orang-orang dapat berkomunikasi dengan menggunakan jaringan komputer yang memiliki fasilitas audio dan video. 

Salah satu keuntungan utama dari video conference dibandingkan dengan konferensi audio biasa adalah adanya interaksi visual. Dengan melihat wajah dan gerakan tubuh lawan bicara, pesan dapat disampaikan dengan lebih jelas dan mudah dipahami. Dengan demikian, video conference merupakan solusi efektif untuk pertemuan atau diskusi antar individu atau kelompok yang berada di lokasi berbeda.

Fungsi Video Conference

Video conference memiliki banyak fungsi untuk berbagai sektor industri, termasuk dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, video conference adalah metode pembelajaran jarak jauh yang efektif. Selain audio dan video, video conference juga memungkinkan berbagi dokumen dan informasi, serta berinteraksi melalui papan tulis digital. 

Teknologi ini memungkinkan percakapan dan pertemuan antara orang-orang dari lokasi yang berbeda, karena itulah video conference dapat membantu menghemat waktu dan biaya perjalanan. 

Hal inilah yang juga membuat banyak universitas dan pengusaha di seluruh dunia menggunakan video conference sebagai sarana untuk tetap terhubung dengan orang lain. Adapun ulasan lengkap mengenai fungsi video conference dari berbagai bidang adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Video Conference untuk Pribadi

Fungsi yang pertama dari penggunaan video conference adalah untuk pribadi. Video conference bermanfaat bagi individu secara pribadi karena memungkinkan mereka berkomunikasi secara tatap muka melalui media digital. Hal ini dapat membantu mereka  mempererat hubungan dengan keluarga dan kerabat melalui komunikasi non-verbal.

Baca juga: Webcam – Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Harganya

2. Fungsi Video Conference untuk Sektor Bisnis

Video conference menjadi sarana yang sangat penting dalam dunia bisnis karena memungkinkan orang-orang untuk terhubung tanpa perlu bertemu secara langsung. Dalam konteks bisnis, video conference membantu meningkatkan produktivitas karyawan serta komunikasi dengan rekan kerja, mitra, dan pelanggan. 

Keuntungan lain dari penggunaan video conference adalah lebih hemat biaya perjalanan, terutama dalam pelatihan karyawan, serta dapat mempercepat penyelesaian proyek karena adanya komunikasi yang lebih baik di antara tim.

3. Fungsi Video Conference untuk Pendidikan

Video conference telah menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan sejak pandemi COVID-19 menyebar. Dengan adanya penutupan sekolah dan peralihan kegiatan belajar ke platform online, video conference menjadi sarana utama untuk proses pembelajaran agar tetap bisa berlangsung.

4. Fungsi Video Conference untuk Kesehatan

Video conference juga memiliki peran penting dalam bidang kesehatan, terutama selama pandemi COVID-19. Aplikasi video conference yang dikembangkan khusus dalam bidang kesehatan memungkinkan pasien untuk mendapatkan penanganan medis secara online. Dengan adanya teknologi ini, Anda tidak perlu lagi datang ke klinik atau rumah sakit dan dapat berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi telemedicine.

5. Fungsi Video Conference untuk Masyarakat

Video conference menjadi sarana penting bagi masyarakat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Selain itu, rumah ibadah bisa menggunakan aplikasi telekonferensi ini untuk menjalankan kegiatan ibadah bersama atau mengadakan pengajian secara daring.

Manfaat Video Conference

Video Conference memiliki manfaat yang luas dalam berbagai bidang, seperti bisnis, pribadi, pendidikan, dan sosial. Adapun manfaat umum dari video conference adalah:

  • Meningkatkan komunikasi.
  • Membangun relasi dalam konteks bisnis.
  • Membantu menghemat biaya karena tidak perlu melakukan perjalanan untuk bertemu dengan orang lain.
  • Membantu meningkatkan efisiensi.
  • Meningkatkan produktivitas.

Baca juga: Pentingnya Proyektor Ruang Meeting, Meeting Jadi Lancar! 

Kelebihan dan Kekurangan Video Conference

Video conference menawarkan berbagai kemudahan dan manfaat. Namun, seperti halnya teknologi lainnya, video conference juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari video conference, di antaranya:

  • Meningkatkan produktivitas dengan kemampuan berbagi informasi secara mudah.
  • Memudahkan terjadinya percakapan secara langsung.
  • Menghemat biaya dan waktu. 
  • Memungkinkan untuk mengetahui ekspresi wajah lawan bicara secara langsung. 

Namun, di sisi lain terdapat juga beberapa kelemahan dari video conference. Adapun beberapa kelemahan video conference adalah sebagai berikut:

  • Ketergantungan pada koneksi internet yang stabil. 
  • Jika ingin membuat video conference dengan skala yang besar, biayanya masih tergolong mahal.
  • Alat-alat yang diperlukan untuk video conference dalam skala besar memerlukan proses pemasangan dengan sangat hati-hati agar tidak terjadi kesalahan.

Contoh Video Conference

Memilih aplikasi video conference yang tepat dapat membantu Anda memaksimalkan pengalaman meeting online. Adapun beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih aplikasi video conference adalah sebagai berikut:

1. Zoom

Zoom merupakan aplikasi populer yang banyak digunakan semenjak pandemi dimulai. Zoom Cloud Meeting menyediakan beragam fitur dan kemudahan, mulai dari versi gratis hingga paket berbayar premium. Zoom juga memungkinkan hingga 100 peserta dalam rapat online dengan beragam fitur, seperti rekaman video, obrolan teks, audio only, dan lainnya.

2. Slack

Selanjutnya, contoh aplikasi video conference adalah Slack. Slack memiliki tampilan yang cerah dan berbagai fitur menarik. Slack menyediakan versi gratis yang berfungsi sama baiknya dengan versi berbayar premiumnya. Slack juga telah terintegrasi dengan pengguna Google yang menggunakan layanan seperti Google Drive, Dropbox, dan bahkan platform media sosial seperti X.

3. Skype

Skype telah dikenal sejak lama, bahkan sebelum kehadiran aplikasi konferensi online lainnya. Skype Business menawarkan layanan konferensi video hingga 250 peserta bagi pengguna Microsoft Office 365. Fitur-fitur, seperti berbagi desktop, kolaborasi online, dan rekaman pertemuan juga tersedia.

4. WebEx

WebEx merupakan aplikasi desktop untuk panggilan konferensi video maupun audio yang memiliki beragam fungsi. Penggunaannya pun tidak terbatas pada platform tertentu sehingga memungkinkan pertemuan WebEx dari Windows dan Mac. Fitur-fitur yang ditawarkan meliputi video konferensi HD, obrolan online, alat untuk berbagi presentasi, serta fitur desktop, seperti papan tulis dan anotasi.

5. Google Meet

Google Meet merupakan layanan video conference dari Google. Bagi pengguna Google Meet, Anda memerlukan akun G Suite untuk mengundang banyak peserta dalam aplikasi ini. Selain itu, bagi yang menginginkan fitur tambahan, tersedia opsi upgrade ke G Suite Enterprise sebagai paket premium. 

Itulah ulasan lengkap mengenai video conference yang perlu Anda ketahui. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, video conference merupakan bagian penting dalam komunikasi saat ini. 

Video conference memungkinkan Anda untuk terhubung dengan orang lain di mana pun mereka berada. Oleh karena itu, video conference adalah solusi yang tepat bagi perusahaan yang ingin meningkatkan jangkauan komunikasi.

Namun, untuk mendukung kelancaran proses bisnis Anda secara menyeluruh, dibutuhkan juga peralatan elektronik yang mumpuni. Di sinilah Asani hadir sebagai solusi tepat untuk kebutuhan perangkat elektronik Anda.

Asani menawarkan berbagai macam peralatan elektronik berkualitas, seperti laptop, komputer, termasuk alat video conference yang dapat Anda cek di katalog Asani. Selain itu, Asani juga menyediakan aplikasi MyAsani yang dapat membantu Anda dalam mengelola aset perusahaan secara praktis. 

Asani juga siap membantu Anda mengatasi berbagai permasalahan pengadaan perangkat IT di perusahaan melalui layanan konsultasi gratis.

Tunggu apa lagi? Daftar MyAsani dan ajukan penawaran sekarang juga melalui WhatsApp ataupun email ke cs@asani.co.id.

Baca juga: Apa itu Jaringan MAN? Pengertian, Karakteristik & Fungsinya

Share

Post comment

Product Enquiry