proyektor ruang meeting
3360

Penggunaan proyektor ruang meeting sudah menjadi keharusan bagi setiap perusahaan dewasa ini. Kemampuan untuk menampilkan gambar dengan keunggulan portabel membuat fasilitas kantor ini cukup diandalkan di hampir semua kegiatan perusahaan, tak terkecuali untuk meeting.

Di sisi lain, TV dengan kualitas layar terbaik saat ini juga menawarkan pengalaman sinematik untuk mendukung presentasi lebih interaktif. Bahkan, tingkat kecerahan yang ditawarkan oleh TV mampu menyaingi keunggulan proyektor ruang meeting.

Lalu, mana yang paling cocok untuk digunakan saat meeting, proyektor atau TV? Ketahui perbandingannya dalam artikel berikut ini.

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Proyektor Ruang Meeting?

Tahukah Anda bahwa kehadiran lcd proyektor di ruang meeting sangat penting ketika kegiatan presentasi berlangsung? Pasalnya, kegiatan presentasi membutuhkan proyektor ruang meeting untuk menampilkan gambar, video, maupun data-data lainnya dari suatu perangkat ke sebuah layar.

Selain kegunaannya untuk memproyeksikan data yang terdapat dalam komputer atau laptop, proyektor ruang meeting dapat membantu suatu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas. Dalam hal ini, kelebihan proyektor ruang meeting mendukung proses interaksi yang memicu sesi tanya jawab atau diskusi selama pemaparan berlangsung. 

Artinya, jika perusahaan tidak memiliki proyektor ruang meeting, maka proses presentasi mungkin akan terhambat serta akan sulit mengandalkan kemampuan berkomunikasi untuk mendapatkan perhatian audiens. 

Keunggulan Proyektor Ruang Meeting

Untuk meningkatkan performa perusahaan, terdapat sejumlah keunggulan menggunakan proyektor ruang meeting, mulai dari menghemat biaya hingga mengurangi penggunaan kertas. Selengkapnya, simak uraian di bawah ini.

1. Lebih Terjangkau

Keunggulan LCD proyektor yang pertama adalah menghemat pengeluaran perusahaan. Dalam hal ini, Anda tidak perlu lagi menyiapkan lembaran transparansi dan mencetak sebagian lainnya sebelum presentasi dimulai yang tentunya sangat menguras biaya dan dinilai kurang efektif.

Terlabih lagi, Anda dapat mempertimbangkan sewa proyektor yang diyakini dapat menghemat budget jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan membeli unit baru. Anda dapat menggunakan biaya beli yang relatif tinggi untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Keuntungan lain dari sewa proyektor ruang meeting adalah bisa digunakan dalam waktu panjang dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya, pihak penyedia jasa akan menawarkan sejumlah pilihan untuk sewa proyektor bulanan, dan tahunan dengan spesifikasi tertentu yang dapat disesuaikan dengan budget perusahaan.

Dalam hal ini, Anda bisa mempercayakannya pada Asani. Asani menawarkan sewa proyektor dengan kualitas terbaik dan dapat disewa tanpa minimum unit, sehingga cocok untuk menunjang rapat Anda. 

Baca juga: Procurement Staff: Skill, Tanggung Jawab dan Tugasnya

2. Hemat Energi

Keunggulan lain dari LCD proyektor yakni kemampuan menampilkan data dengan minim energi. Anda harus bijak dalam memilih proyektor yang tidak menguras energi berlebih ketika digunakan, seperti memilih proyektor berkualitas atau proyektor keluaran baru yang memiliki fitur standby yang bisa menghemat konsumsi daya listrik lebih baik lagi.

3. Keunggulan Portabel

Tidak dapat dipungkiri bahwa meeting menjadi kebutuhan mingguan atau bahkan harian bagi sebagian besar perusahaan. Tentunya, kebutuhan meeting yang dinamis memerlukan perangkat penunjang yang portabel, kecil, dan ringan, layaknya laptop.

Dengan kata lain, penggunaan proyektor ruang meeting yang minimalis dan nirkabel merupakan pilihan tepat untuk perjalanan bisnis Anda, terutama bagi yang memiliki kebutuhan untuk meeting di luar ruangan (outdoor).

4. Menampilkan Bahan Presentasi

Bukan menjadi hal baru bahwa keunggulan proyektor ruang meeting adalah untuk memproyeksikan bahan presentasi. Bagaimana tidak, kolaborasi tim suatu project sangat bergantung dengan tampilan bahan presentasi yang mumpuni dan menyeluruh. Jangan sampai ada peserta rapat yang tidak dapat membaca materi dengan baik.

Oleh karena kebutuhan tersebut, peningkatan tampilan melalui sebuah LCD proyektor merupakan solusi terbaik saat ini. Perangkat yang cukup diandalkan ini menawarkan keunggulan menampilkan gambar lebih jernih dan hemat energi untuk penyampaian materi yang lebih efektif.

Baca juga: Inventaris Kantor: Pengertian, Tujuan, & Cara Membuatnya

5. Mengurangi Penggunaan Kertas

Meski perlu mengeluarkan budget lebih di awal, proyektor ruang meeting memberikan manfaat jangka panjang, yakni mengurangi penggunaan kertas. Kini, banyak proyektor yang disematkan teknologi perangkat lunak anotasi untuk menggambar konten ke layar proyeksi Anda. Oleh sebab itu, kebutuhan akan kertas untuk meeting dapat tergantikan sepenuhnya.

Proyektor vs TV: Mana yang Lebih Unggul?

Perkembangan teknologi yang pesat menawarkan berbagai keunggulan dari masing-masing perangkat video, baik proyektor maupun TV atau LED monitor. Dengan pilihan yang tersedia, manakah yang lebih unggul?

Bahkan, tidak sedikit perusahaan yang sengaja menyediakan kedua perangkat ini karena keunggulannya masing-masing dan digunakan secara bergantian. Untuk mengetahui mana yang lebih cocok bagi perusahaan Anda, mari simak poin-poin berikut ini.

1. Ukuran Layar

Dewasa ini, banyak TV yang memberikan pilihan ukuran 55 inci sebagai standar baru untuk menampilkan gambar atau data lebih unggul. Meski demikian, ada biaya yang harus dikorbankan di awal untuk menghasilkan gambar yang lebih besar dan unggul.

Di sisi lain, kemampuan proyektor untuk memproyeksikan gambar yang fleksibel dan adjustable masih belum tergantikan. Belum lagi, proyektor yang nirkabel dapat digunakan di manapun sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Tingkat Kecerahan dan Kualitas Gambar

Dengan panel Light-Emitting Diode (LED), tingkat kecerahan dan kualitas gambar dari TV tentu bersaing dibandingkan proyektor ruang meeting. Penggunaan TV sangat cocok bagi perusahaan dengan ruangan yang terbuka dengan desain rumah kaca. Dengan kata lain, kecerahan layar TV tidak akan terganggu oleh banyaknya cahaya masuk.

Dalam hal ini, proyektor yang portabel masih belum bisa menyaingi kecerahan layar TV dengan panel LED. Di samping itu, fitur HDR pada TV memungkinkan hasil tampilan memiliki range warna yang luas dan objek yang akurat.

Namun, untuk penggunaan di ruangan yang tertutup dan memiliki kapasitas orang yang tidak banyak, penggunaan proyektor sudah cukup untuk bisa menampilkan presentasi secara jelas. Ada banyak proyektor yang menampilkan gambar dan video dengan resolusi tinggi jika Anda membutuhkan tampilan yang lebih jelas. 

3. Luas Ruangan

Secara sederhana, cara kerja proyektor adalah mengimplementasikan pembiasan cahaya yang diproyeksikan dengan jarak tertentu. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhitungkan luas ruangan meeting yang ideal untuk menghasilkan tampilan proyektor terbaik.

Di sisi lain, LED monitor tidak memerlukan pertimbangan luas ruangan karena lebar layar sudah pasti atau fixed. Jadi, jika ruangan meeting tidak mempunyai jarak ideal untuk penggunaan proyektor, TV menjadi solusi tepat bagi Anda.

Demikian pembahasan menarik mengenai proyektor ruang meeting untuk menunjang produktivitas karyawan di perusahaan Anda. Sejatinya, penggunaan proyektor maupun TV harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan.

Apabila Anda membutuhkan perangkat yang mudah dibawa kemana-mana untuk menunjang on-the-go meeting, maka proyektor menjadi pilihan terbaik. Sedangkan, bagi Anda yang mengutamakan kualitas dan kecerahan layar, gunakan TV untuk menunjang kegiatan meeting.

Jika Anda membutuhkan kedua perangkat tersebut, Anda bisa mempercayakannya pada Asani. Saat ini, Asani menawarkan sewa peralatan rapat seperti proyektor, TV, monitor, audio, dan speaker. Tidak hanya itu, Asani juga menyediakan peralatan elektronik dengan harga terjangkau dan berkualitas untuk kantor, seperti laptop, komputer, hingga printer.

Mengapa harus memilih Asani? Sebab, tim Asani menyediakan konsultasi terbaik yang dapat membantu Anda memilih perangkat terbaik dan menyelesaikan masalah IT perusahaan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, hubungi tim Asani melalui email atau Whatsapp resmi untuk mendapat penawaran terbaik!

Baca juga: Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan Mudah

Post comment

Product Enquiry