wps adalah
10

WPS adalah salah satu upaya untuk meningkatkan keamanan jaringan Wi-Fi. Meskipun kedengarannya tidak asing, namun terkadang masih banyak orang yang menyepelekan faktor keamanan ini.

Selain untuk meningkatkan keamanan ke level yang lebih tinggi, WPS juga bermanfaat sebagai fasilitas yang menjembatani kebutuhan pengguna, terutama saat banyak perangkat perlu terhubung, misalnya pada jaringan WAN.

Lantas, bagaimana cara menggunakan WPS? Mari simak penjelasan mengenai WPS secara lengkap dalam artikel di bawah ini.

Apa itu WPS?

Wi-Fi Protected Setup atau WPS adalah sebuah sistem keamanan yang bekerja pada hampir semua router nirkabel, dan memiliki tugas sebagai perantara antara jaringan tersebut dengan perangkat, seperti laptop atau smartphone.

Dengan kata lain, WPS adalah sistem yang didesain untuk Wi-Fi dengan fungsi menghubungkan router dengan perangkat apapun secara mudah, cepat, dan lebih aman. Perlu diketahui, WPS berbeda dengan Wi-Fi biasanya. Di mana, WPS hanya mengizinkan perangkat-perangkat tertentu untuk dapat terhubung ke jaringannya.

Hal ini pun menghindarkan Anda dari potensi pembajakan data dari pengguna yang tidak dikenal. Ditambah lagi, WPS memiliki fitur menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan kata sandi secara manual bagi pengguna tertentu supaya lebih efektif.

Cara Kerja WPS

Pada dasarnya, perangkat yang mendukung WPS dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi, sedangkan untuk router Anda bisa menekan tombol WPS.

Langkah penggunaannya pun mudah, Anda hanya perlu menekan tombol WPS yang berada pada router, kemudian buka menu pengaturan Wi-Fi di perangkat Anda dan pilih WPS. Secara otomatis, router dan perangkat nantinya akan saling mendeteksi. 

Selain itu, alternatif opsi cara kerja WPS adalah dengan menggunakan PIN dan tombol QSS. Anda tidak perlu khawatir karena penggunaan cara ini tetap aman, cepat, dan tidak memperlambat koneksi internet.

Fungsi WPS

Teknologi WPS adalah terobosan yang dinilai efektif dalam mendukung keamanan jaringan, terlebih karena masifnya penggunaan Wi-Fi beberapa dekade ini. Perlu diketahui, selain meningkatkan keamanan, terdapat fungsi lain dari penggunaan WPS. Beberapa fungsi WPS adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Sistem Keamanan

Pada dasarnya, alasan pembuatan teknologi WPS adalah berfokus pada peningkatan sistem keamanan jaringan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, WPS adalah sistem yang memungkinkan administrator untuk memilih siapa saja pengguna jaringan Wi-Fi pada periode tertentu.

Melalui sistem terintegrasi dan kode autentikasi yang lebih unggul, setiap koneksi akan terpantau dan memiliki kode keamanan otomatis guna mencegah potensi pembajakan data atau aset perusahaan.

Baca juga: Proses Crimping: Pengertian, Alat dan Bahan, Hingga Caranya

2. Efisiensi Waktu

Salah satu keuntungan dari penggunaan WPS adalah perangkat dapat secara otomatis terhubung ke jaringan Wi-Fi tanpa  harus selalu mengingat atau membagikan kata sandi Wi-Fi secara berulang.

Dengan demikian, fitur ini akan menghemat waktu Anda dan pengguna lainnya saat hendak mengakses Wi-Fi, terutama pada topologi jaringan kantor. Anda juga tidak perlu khawatir lagi akan lupa kata sandi karena sistem yang terintegrasi dan otomatis.

3. Mengakomodasi Kemudahan Pengguna

Fungsi terakhir dari WPS adalah memberikan kemudahan dalam mengatur koneksi ke jaringan Wi-Fi. Bagi sebagian pengguna, hal ini sangat memudahkan mereka karena proses autentikasinya tidak sulit. Selain itu, WPS akan memberikan pengalaman akses internet yang cepat dan aman bagi setiap penggunanya.

Cara Mengaktifkan WPS

Walaupun WPS adalah sistem yang dikenal terintegrasi, Anda tetap perlu melakukan instalasi dan konfigurasi jaringan terlebih dahulu. Adapun, cara mudah mengaktifkan WPS adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Antarmuka Router:
  • Buka browser web Anda.
  • Ketik alamat IP router Anda di bilah alamat (biasanya 192.168.1.1 atau 192.168.0.1). Anda bisa menemukan ini di manual router atau mencari di internet dengan mencari model router Anda.
  1. Masukkan Informasi Login:
  • Setelah membuka antarmuka router, Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi administrator. Ini juga biasanya terdapat dalam dokumentasi router atau di bagian bawah perangkat.
  1. Temukan Opsi WPS:
  • Cari menu atau opsi yang berkaitan dengan pengaturan nirkabel atau keamanan.
  • Temukan opsi “Wi-Fi Protected Setup” atau “WPS”.
  1. Aktifkan WPS:
  • Pilih opsi untuk mengaktifkan WPS.
  • Simpan atau terapkan perubahan Anda.
  1. Gunakan Tombol WPS pada Perangkat:
  • Pada perangkat yang ingin Anda hubungkan (seperti ponsel atau printer), pastikan perangkat tersebut memiliki opsi untuk menggunakan WPS.
  • Biasanya, perangkat memiliki tombol WPS atau opsi di pengaturan nirkabel.
  1. Aktifkan WPS pada Perangkat:
  • Pada perangkat yang ingin Anda sambungkan, aktifkan WPS dan ikuti petunjuknya. Ini mungkin melibatkan menekan tombol WPS pada router atau memilih opsi WPS dari antarmuka perangkat tersebut.

Baca juga: Penyebab WiFi Putus Nyambung, Ini 9 Cara Mengatasinya!

Cara Menggunakan WPS di Smartphone

Mungkin, sebagian dari Anda masih bingung cara menggunakan WPS langsung di perangkat smartphone. Untuk itu, berikut merupakan panduan menggunakan WPS di smartphone yang dapat Anda lakukan:

  1. Aktifkan Fitur Wi-Fi:

Pertama-tama, pastikan agar fitur Wi-Fi di smartphone Anda aktif dengan mengeceknya pada pengaturan → Wi-Fi → on/nyala.

  1. Masuk ke Pengaturan atau Setelan Tambahan:

Setelah mengaktifkan fitur Wi-Fi, pergi ke Setelan Tambahan. 

  1. Masuk ke Menu WPS:

Perlu diketahui, setiap perangkat memiliki penamaan WPS yang berbeda, misalnya WPS memiliki nama “Wi-Fi Langsung” pada perangkat Redmi, kemudian klik.

  1. Mengklik Tombol WPS pada Access Point:

Setelah dialog baru muncul dengan tampilan seperti sedang mencari WPS, Anda bisa langsung menekan tombol Access Point yang dimiliki.

  1. Wi-Fi Akan Otomatis Terhubung:

Jika sudah mengaktifkan tombol tersebut, maka smartphone Anda akan otomatis terhubung ke jaringan Wi-Fi. Anda bisa memeriksa koneksi internet dengan mencoba membuka browser.

Demikian penjelasan menyeluruh berkaitan dengan pengertian WPS dan fungsinya yang dapat membuka wawasan Anda. Dapat disimpulkan, WPS adalah salah satu setup paling mudah untuk melindungi jaringan Wi-Fi dari serangan pengguna tak dikenal. Namun, jika Anda mengalami kesulitan instalasi dan memiliki pertanyaan lainnya, ada baiknya untuk berkonsultasi ke ahlinya.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan layanan IT Network Setup dari Asani. Layanan ini menyediakan sesi konsultasi, konfigurasi, dan pengelolaan WPS dengan andal. Tidak hanya itu, layanan IT Network Setup juga bisa mengidentifikasi sekaligus memperbaiki masalah pada jaringan komputer perusahaan Anda.

Selain layanan tersebut, Asani juga menyediakan jasa sewa laptop atau komputer yang terbaik dan tepercaya. Bersama Asani, Anda bisa memperoleh perangkat pendukung yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan harganya pun terjangkau.

Jika Anda tertarik, langsung saja cek katalog dan hubungi tim Asani melalui email atau Whatsapp resmi sekarang juga!

Baca juga: Kenali 5 Cara Instalasi Jaringan LAN dengan Mudah dan Cepat!

Post comment

Product Enquiry