Aplikasi project management adalah software yang dirancang untuk membantu mengelola suatu proyek dengan lebih efisien dan efektif.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak produk-produk muncul yang dikenal sebagai tools atau aplikasi project management.
Seorang eksekutif dan manajer proyek harus memahami betapa pentingnya penggunaan tools ini karena banyaknya keuntungan yang ditawarkan.
Dengan menggunakan aplikasi kolaborasi project management, Anda dapat memastikan bahwa komunikasi antar rekan kerja tetap efisien dan tidak mengalami hambatan.
Lebih lanjut, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi project management terbaik yang bisa memudahkan pekerjaan Anda!
Rekomendasi Aplikasi Project Management
Ada beberapa aplikasi project management yang direkomendasikan dalam daftar ini, mulai dari aplikasi chatting, hingga aplikasi untuk mengatur tugas-tugas perusahaan Anda.
Berikut adalah rekomendasi aplikasi project management terbaik yang bisa Anda coba.
1. Slack
Slack merupakan salah satu aplikasi project management yang populer dan fiturnya memudahkan untuk berkomunikasi antar tim di dalam perusahaan.
Anda dapat mengatur saluran publik dan pribadi, berbagai pesan, file, serta melakukan panggilan audio dan video.
Selain itu, Slack juga terintegrasi dengan banyak aplikasi seperti Zapier, Dropbox, dan Google Calendar untuk efisiensi kerja Anda.
2. Microsoft Teams
Microsoft Teams adalah salah satu aplikasi project management yang menggabungkan panggilan video, obrolan, dan pengeditan file dalam satu platform.
Dalam versi gratisnya, Anda dapat melakukan panggilan video hingga 60 menit dengan kapasitas 100 peserta.
Aplikasi ini juga menyediakan fitur penjadwalan pertemuan, latar belakang, serta fitur share screen untuk keperluan presentasi.
3. Trello
Trello adalah aplikasi project management yang mempermudah pengguna dalam mengorganisir proyek menggunakan papan kanban.
Papan kanban adalah alat visual yang digunakan untuk mengatur alur kerja dalam bentuk papan dengan kolom-kolom yang mewakili tahap-tahap dalam suatu proses.
Ini akan membantu tim atau individu dalam memantau, mengelola, dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai jenis proyek atau tugas.
Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk melihat perkembangan proyek, menentukan prioritas, dan merapikan tugas dengan sederhana.
Baca juga: 14 Aplikasi Absensi Karyawan untuk Perusahaan, Fitur Lengkap!
4. Google Workspace
Google Workspace menawarkan berbagai paket lengkap fitur collaboration tool untuk meningkatkan efisiensi alur kerja bisnis Anda.
Aplikasi ini sebelumnya dikenal sebagai G Suite, yang mencakup Gmail, Google Drive, Google Meet, Google Calendar, dan lainnya.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Google Docs, Spreadsheets, dan Slides, untuk dapat bekerja bersama-sama dalam satu dokumen.
5. Asana
Asana adalah salah satu aplikasi project management gratis yang populer untuk berkolaborasi dan kerja sama.
Aplikasi ini menawarkan interface yang menarik secara visual dan hadir versi gratis maupun berbayar. Fitur drag and drop dalam aplikasi ini juga dapat mempermudah pekerjaan Anda.
Untuk melihat kemajuan proyek dan tim Anda, Asana menawarkan enam fitur seperti board, list, timeline, progress, forms, dan calendar.
Fitur-fitur tersebut membantu Anda menyusun data dengan cepat dan memudahkan untuk menemukan masalah potensial.
Selain itu, Asana memungkinkan Anda membuat aturan otomatis untuk meningkatkan efisiensi dalam manajemen tugas perusahaan.
Anda juga dapat membuat checklist standar, seperti untuk orientasi karyawan atau perencanaan acara.
Baca juga: 15 Rekomendasi Aplikasi CRM di Indonesia untuk Segala Bisnis
6. Airtable
Airtable merupakan platform online dibuat untuk memasukkan dan menyimpan data dengan interface yang simpel.
Aplikasi project management ini memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengelola berbagai informasi seperti data karyawan, inventaris, basis data produk, dan lainnya.
Selain itu, Anda dapat dengan mudah menghubungkan dan mengatur data sesuai kebutuhan.
Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur seperti kalender, kanban, galeri, dan juga spreadsheet.
7. Miro
Miro adalah aplikasi papan tulis online yang digunakan untuk membuat ide dan merencanakan strategi bisnis bersama tim Anda.
Semua anggota tim dapat secara bersamaan menulis, menggambar, dan mengedit papan tulis digital tersebut.
Aplikasi ini memungkinkan Anda melihat kolaborasi tim secara real time dan berkomunikasi dengan mereka melalui obrolan dan komentar.
Versi gratis Miro menyediakan tiga papa yang bisa diedit tanpa batasan jumlah pengguna, serta terintegrasi dengan aplikasi seperti Slack, Microsoft Teams, dan Dropbox.
8. Dropbox
Dropbox adalah platform untuk berbagai file yang memungkinkan akses ke dokumen secara online dari berbagai perangkat.
Untuk berbagi, Anda cukup mengirimkan link URL file yang ingin dibagikan, dan penerima tidak perlu memiliki akun Dropbox untuk mengakses dokumen tersebut.
Tentunya dengan fitur tersebut dapat membuatnya lebih mudah untuk mengirimkan dokumen kepada anggota tim atau klien.
Selain itu, Dropbox juga memberikan preview untuk lebih dari 175 jenis file, tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.
9. TypeTalk
TypeTalk adalah aplikasi project management yang terintegrasi dengan aplikasi lain dalam ekosistem Nulab.
Aplikasi ini dapat digunakan dengan Cacoo aplikasi untuk membuat diagram, dan Backlog, tool manajemen proyek.
Dengan TypeTalk, Anda menerima pemberitahuan dari Cacoo dan Backlog, berdiskusi tentang diagram, serta membuat catatan masalah.
Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan API dan Webhook yang bisa digunakan untuk mengotomasi dan mengintegrasi dengan software lain.
10. Zoom
Zoom adalah aplikasi project management yang sangat populer dan menyediakan berbagai fitur, seperti pertemuan, sistem telepon, seminar web, dan sistem konferensi video.
Salah keunggulan aplikasi ini adalah dilengkapi dengan fitur menjaga privasi dengan mengenkripsi kode dalam pertemuan.
Selain itu, terdapat juga fitur ruang tunggu yang memungkinkan penyelenggara rapat menerima peserta ketika sesi dimulai.
11. Flock
Flock adalah aplikasi chat online dan tool kolaborasi tim yang menghadirkan pesan pribadi 1:1 dan grup tanpa batas.
Selain itu, aplikasi ini memungkinkan tim Anda untuk membuat hingga 10 saluran pesan publik.
Aplikasi ini juga menyertakan fitur konferensi video bawaan, walaupun dalam paket gratis, namun ini hanya tersedia untuk panggilan 1:1.
12. Spacetime
Spacetime adalah platform yang dibuat untuk perusahaan dengan karyawan yang tersebar di berbagai wilayah dunia.
Selain itu, Spacetime juga terhubung dengan Slack, yang memungkinkan Anda melihat zona waktu setiap anggota tim langsung di aplikasi.
Dengan adanya fitur tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengatur atau menentukan jadwal rapat bagi semua karyawan.
Memilih Aplikasi Project Management Terbaik
Itulah dia beberapa rekomendasi contoh aplikasi project management terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.
Selain membantu urusan pekerjaan lebih mudah, aplikasi project management yang dipilih juga harus sesuai dengan kebutuhan.
Kunci dalam memilih aplikasi yang tepat adalah memahami kebutuhan tim dan tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan software tersebut.
Dengan menggunakan aplikasi terbaik, harapannya adalah seluruh tim dapat bekerja dan berkolaborasi lebih baik dan produktif.
Dalam memaksimalkan penggunaan aplikasi project management di lingkungan kantor atau perusahaan Anda, penting juga untuk memiliki perangkat yang mendukung. Untuk itu, Anda bisa menyewa perangkat yang mendukung pekerjaan di Asani!
Asani menyediakan layanan penyewaan laptop atau komputer sesuai kebutuhan tim Anda di perusahaan.
Pastikan Anda memilih jasa penyewaan laptop dengan harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.
Asani merupakan pilihan tepat untuk Anda yang membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.
Jika Anda tertarik, yuk langsung cek katalog Asani dan ajukan penawaran dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.
Baca juga: Apa itu Server? Cara Kerja, Fungsi, Jenis, dan Cara Memilih