cara cek ip address hp
1460

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa alamat IP perangkat Anda? Mengetahui cara cek IP address HP Anda penting untuk berbagai keperluan, seperti troubleshooting koneksi internet, mengakses server tertentu, hingga melacak aktivitas online.

Alamat IP atau Internet Protocol Address merupakan identitas unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke internet. Penasaran bagaimana cara cek IP address HP? Simak cara cek IP HP selengkapnya di artikel berikut ini!

Pengertian IP Address

IP address atau Internet Protocol Address adalah alamat unik yang menjadi identitas untuk setiap perangkat terhubung ke internet. Hal ini digambarkan, seperti rumah yang terdiri dari serangkaian angka yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi di jaringan internet.

Saat mengakses internet, setiap website memiliki IP Address-nya sendiri. Ketika mengunjungi suatu situs, terjadi sharing data antara situs tersebut dan perangkat yang kita gunakan dan IP address memainkan peran penting dalam proses ini.

Fungsi IP Address

IP address memiliki peran penting dalam mengidentifikasi dan menghubungkan setiap perangkat dalam jaringan internet. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari IP Address:

1. Sebagai Alamat Pengiriman Data

Sebagai alamat pengiriman data, IP address memungkinkan perangkat untuk menerima informasi yang dikirimkan, seperti saat membuka sebuah situs. Proses ini memungkinkan perangkat untuk mengunduh data yang diperlukan dari situs tersebut dan ditampilkan secara lengkap.

2. Sebagai Identitas Perangkat

IP address berfungsi sebagai identitas perangkat dalam jaringan internet. Misalnya, dalam jaringan Wi-Fi atau pada situs tertentu, pemilik jaringan atau situs dapat mengenali setiap IP yang terhubung.

Cara Cek IP Address Melalui Mesin Pencarian

Untuk cara cek IP address di HP ataupun laptop bisa menggunakan menggunakan mesin pencarian, seperti Google. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka browser dan akses Google, bisa dengan Google Chrome, Mozilla Firefox, atau browser lainnya.
  2. Ketik WHAT IS MY IP pada kolom pencarian lalu tekan Enter.
  3. Browser akan menampilkan alamat IP Anda.

Langka ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan HP. Caranya sama, cukup buka mesin pencarian, seperti Google di browser, ketikkan WHAT IS MY IP  pada kolom pencarian untuk mengetahui alamat IP Anda dalam waktu singkat.

Baca juga: 3 Cara Setting MikroTik dari Awal dengan WinBox untuk Pemula

Cara Cek IP Address HP Android

Cara cek IP address HP Android bisa dilakukan melalui pengaturan Wi-Fi, About Phone, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti My IP Address. Berikut adalah cara cek IP address HP Android:

1. Melalui Pengaturan About Phone

  1. Buka menu Pengaturan dan cari Tentang Ponsel.
  2. Pilih Status atau Tentang Ponsel (tergantung versi Android).
  3. Temukan informasi Alamat IP untuk mengetahui alamat IP HP Anda.

2. Melalui Pengaturan Wi-Fi

  1. Buka menu pengaturan dan pilih Koneksi atau Wi-Fi.
  2. Pilih jaringan Wi-Fi yang sedang terhubung.
  3. Alamat IP HP Anda akan terlihat di halaman informasi Wi-Fi.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga di Play Store, seperti My IP Address.
  2. Unduh dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Alamat IP HP Anda akan secara otomatis ditampilkan.

Cara Cek IP Address HP iPhone

Jika Anda menggunakan smartphone keluaran Apple, berikut adalah cara cek IP address HP iPhone:

  1. Buka halaman settings dan tap menu Wi-Fi.
  2. Klik ikon i yang terletak di sebelah kanan nama koneksi dari jaringan Wi-Fi yang sedang digunakan.
  3. Alamat IP address perangkat Anda akan muncul di bagian IPv4/IPv6 address.

Manfaat Mengetahui IP Address

Mengetahui IP address memiliki beberapa manfaat yang signifikan. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengelola koneksi jaringan dengan lebih baik, meningkatkan pengalaman online, dan mengurangi risiko kejahatan digital. Selain itu, dengan mengetahui IP address pada komputer dan HP, memungkinkan Anda untuk:

  1. Mengidentifikasi dan memperbaiki masalah jaringan dengan lebih cepat.
  2. Mengonfigurasi perangkat, seperti router dan printer untuk bekerja pada jaringan yang sama.
  3. Meningkatkan privasi dan keamanan digital dengan memahami potensi ungkapan lokasi geografis dan penyedia jaringan internet Anda.
  4. Mengakses komputer atau jaringan dari jarak jauh.
  5. Mengelola atau membuat situs web dengan lebih efisien, termasuk mengonfigurasi nama domain dan menguji aksesibilitas situs web.

Selain itu, perlu diketahui bahwa terdapat jenis IP address terbaru yaitu IPv6. IPv6 merupakan protokol generasi terkini yang menawarkan beragam keuntungan, seperti memperluas kapasitas alamat IP serta meningkatkan kecepatan dan optimalisasi koneksi internet.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara cek IP address HP dengan mudah dan cepat yang bisa Anda coba. Setelah memahami artikel di atas, kini tak perlu lagi bingung saat ingin mengetahui alamat IP perangkat Anda.

Bagi Anda yang memiliki kebutuhan IT di perusahaan, Asani siap membantu. Asani menyediakan berbagai macam peralatan elektronik berkualitas, seperti laptop, komputer, dan peralatan rapat, serta layanan pengelolaan aset perusahaan melalui aplikasi MyAsani.

Selain itu, jangan ragu untuk berkonsultasi secara gratis dengan tim ahli Asani jika Anda memiliki permasalahan dalam pengadaan perangkat IT di perusahaan. 

Tunggu apalagi? Cek di katalog Asani sekarang dan ajukan penawaran melalui WhatsApp atau email ke cs@asani.co.id untuk mendapatkan penawaran terbaik dan solusi IT yang sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: Kenali Apa 10 Perbedaan IPv4 dan IPv6, Fungsi, dan Contohnya

Share

Post comment

Product Enquiry