fungsi router
840

Tahukah Anda apa itu fungsi router? Perlu diketahui, router merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat agar bisa terhubung dengan internet. Adapun fungsi router adalah sebagai pengelola lalu lintas antar jaringan dengan cara meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju. 

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai fungsi router, jenis, dan cara kerjanya, simak ulasan lengkap berikut ini. 

Apa itu Router?

Router adalah perangkat jaringan internet yang berfungsi untuk menyalurkan paket data dari internet menuju perangkat lain. Proses pengiriman paket data tersebut dinamakan routing. Secara sederhana, router bekerja mengatur lalu lintas dalam jaringan dengan cara mendistribusikan paket data ke berbagai alamat IP tujuan. 

Oleh karena itu, apabila Anda bertanya apa fungsi router yang paling utama, maka jawabannya adalah menganalisa, menerima, dan meneruskan paket data di jaringan yang sama agar beberapa perangkat dapat terhubung dalam satu koneksi internet.

Fungsi Router

Saat ini, router merupakan perangkat yang penting di rumah, kantor, maupun kafe. Hal ini dikarenakan fungsi router memungkinkan Anda membuat jaringan Wi-Fi sendiri sehingga apapun perangkat yang membutuhkan koneksi internet bisa berfungsi secara optimal. Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai fungsi router:

1. Menyebarkan Sinyal Wi-Fi

Fungsi router adalah mengubah sinyal dari modem menjadi radio Wi-Fi yang dapat diakses oleh perangkat elektronik di seluruh ruangan. Fungsi router ini memungkinkan beberapa perangkat, seperti laptop. smartphone, dan tablet terhubung ke internet tanpa memerlukan kabel ethernet

Bagi bangunan dengan luas area yang besar atau memiliki dua lantai, penggunaan satu router saja mungkin tidak cukup untuk memastikan jangkauan sinyal Wi-Fi yang merata. Dalam situasi ini, Anda perlu menggunakan dua router atau lebih untuk meminimalkan potensi blank spot atau area yang tidak terjangkau sinyal Wi-Fi.

2. Menghubungkan Beberapa Perangkat

Fungsi router ini adalah meneruskan data antar jaringan. Kemampuan ini memungkinkannya menghubungkan perangkat yang menggunakan jaringan berbeda. Misalnya, router nirkabel dapat menghubungkan sinyal radio atau kabel UTP dengan laptop.  

Dengan kata lain, router berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan berbagai perangkat sehingga memungkinkan mereka untuk saling berkomunikasi dan berbagi data. Hal ini sangat penting untuk membangun jaringan komputer yang terintegrasi dan efisien.

Baca juga: 3 Cara Setting MikroTik dari Awal dengan WinBox untuk Pemula

3. Menghubungkan Perangkat ke Jaringan Internet

Menghubungkan perangkat ke jaringan internet merupakan fungsi router yang paling utama. Khusus fungsi router Wi-Fi, alat ini dapat mengirimkan paket data internet dari modem ke perangkat lain menggunakan alamat IP. Dengan begitu, perangkat lain bisa menggunakan akses internet, seperti laptop, tablet, smart tv, PC, dan smartphone

4. Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi router yang terakhir adalah menghubungkannya dengan jaringan DSL atau Digital Subscriber Line. DSL ini berperan sebagai gerbang yang melindungi data dan mencegah ancaman siber dari jaringan internet. 

Kemampuan ini memungkinkan router untuk memblokir lalu lintas data yang mencurigakan, seperti memblokir alamat IP dari router lain. Selain itu, router DSL juga dapat mencegah broadcast storm yang menyebabkan kinerja jaringan melambat.

Jenis-Jenis Router

Setelah  mengetahui pengertian dan fungsi router, Anda juga perlu tahu mengenai jenis-jenis router untuk menjadi rujukan apabila ingin memasangnya. Berikut adalah beberapa jenis router:

1. Router Kabel

Router ini memanfaatkan kabel Ethernet untuk terhubung langsung ke modem. Kabel Ethernet yang digunakan menghubungkan berbagai perangkat sehingga menciptakan jaringan LAN yang dapat diakses oleh semua perangkat di dalamnya.

Router kabel menawarkan kecepatan dan stabilitas jaringan yang lebih baik dibandingkan dengan router nirkabel, sehingga ideal untuk streaming video, bermain game online, dan aktivitas lainnya yang membutuhkan manajemen bandwidth lebih besar.

2. Router Nirkabel

Hampir sama dengan router berkabel, perangkat ini juga menggunakan kabel ethernet untuk terhubung dengan modem. Bedanya, router nirkabel dapat mendistribusikan data dengan cara mengubah paket data menjadi sinyal radio untuk disebar menggunakan antena. 

Router nirkabel ini dapat membuat jaringan menjadi WLAN atau Wireless Local Area Network. Sinyal yang dihasilkan WLAN ini bisa digunakan oleh berbagai perangkat untuk saling terhubung secara nirkabel. 

Baca juga: VRAM: Definisi, Fungsi, Cara Menambah, & Bedanya dengan RAM

Cara Kerja Router

Router bekerja dengan cara memastikan internet atau paket data sampai pada perangkat-perangkat secara efektif. Dalam hal ini, fungsi router menjadi alat bantu untuk mengirimkan dan menganalisa paket data atau internet. 

Sebelum mengantar data, router terlebih dahulu membaca header paket data. Header ini berisi informasi penting seperti tipe data, alamat IP tujuan, dan data pengirim. Berbekal informasi ini, router kemudian mencari rute paling efisien dan cepat untuk mengantarkan data ke alamat tujuan menggunakan tabel routing.

Setelah mengetahui rute terbaik, router mengirimkan paket data melalui jaringan yang sesuai. Data ini terbagi menjadi beberapa bagian kecil yang disebut dengan nama packet. Setiap packet membawa informasi header dan data yang sama. Packet-packet ini kemudian menjelajahi berbagai jaringan hingga akhirnya sampai ke perangkat tujuan.

Perbedaan Router dan Modem

Meski memiliki fungsi yang hampir sama, router dan modem adalah dua hal berbeda. Dalam hal ini, router bertugas untuk mengatur dan mengelola aliran data di dalam jaringan sehingga memastikan setiap perangkat terhubung serta dapat berkomunikasi dengan lancar. 

Di sisi lain, modem juga berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan jaringan lokal Anda dengan internet dan memungkinkan perangkat untuk mengakses berbagai layanan online. Modem menerima sinyal dari Internet Service Provider (ISP), seperti kabel telepon, kabel fiber optik, atau sinyal nirkabel, dan mengubahnya menjadi sinyal digital yang dapat dipahami oleh perangkat Anda. 

Selain itu, modem umumnya hanya dapat dihubungkan ke satu perangkat saja, sedangkan router memiliki kemampuan untuk menghubungkan dan mendistribusikan sinyal internetnya ke banyak perangkat secara bersamaan, seperti laptop, smartphone, tablet, dan smart TV.

Perlu dicatat bahwa dua perangkat ini sering kali digabungkan menjadi satu unit yang disebut dengan modem router. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan jaringan LAN (Local Area Network) dan Wi-Fi secara bersamaan, memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengakses internet dari berbagai perangkat di rumah atau kantor Anda.

Demikian informasi mengenai fungsi router, jenis, cara kerja, dan bedanya dengan modem. Saat ini, fungsi router sangat penting karena hampir semua perangkat membutuhkan jaringan internet untuk beroperasi. Melalui router, Anda dapat menghubungkan berbagai perangkat di rumah maupun kantor dengan jaringan internet tanpa kabel sehingga begitu praktis. 

Kemudian, apabila membutuhkan solusi IT di perusahaan, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi gratis dari Asani dalam pengadaan perangkat IT sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Asani juga memiliki layanan sewa peralatan elektronik, mulai dari komputer, laptop, router, hingga peralatan rapat. Dengan menyewa, Anda tak perlu mengeluarkan budget lebih banyak dan mengalihkannya ke pengembangan bisnis atau operasionalnya.

Selain itu, jika Anda ingin mengelola aset perusahaan secara praktis, maka Asani juga menyediakan aplikasi MyAsani

Jadi, yuk segera cek katalog Asani dan hubungi kami melalui WhatsApp atau email cs@asani.co.id untuk mengajukan penawaran sekarang juga!

Baca juga: Pengertian dan Jenis Firewall untuk Jaga Keamanan Jaringan

Share

Post comment

Product Enquiry