software erp terbaik
TeknologiDiposting: 22 September 2024 | Diperbarui: 22 September 2024
10

Pengoptimalan terhadap aspek operasional, mulai dari keuangan, produksi, SDM, dan distribusi sangatlah penting untuk kelangsungan bisnis. Untuk itu, diperlukan solusi yang telah terintegrasi, seperti software ERP terbaik.

Software Enterprise Resource Planning (ERP) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menyatukan fungsi bisnis ke dalam satu sistem. Selain itu, software ini berguna untuk meningkatkan efisiensi kerja, mencapai ekspansi bisnis, dan memfasilitasi proses pengambilan keputusan dengan lebih strategis serta cerdas. 

Jika Anda ingin mengimplementasikan aplikasi ERP untuk bisnis, tetapi masih bingung perangkat mana yang akan digunakan, simak penjelasan dan rekomendasi di bawah ini.

Rekomendasi Software ERP Terbaik

Sistem ERP sangat penting diimplementasikan pada bisnis guna meningkatkan akurasi data dan produktivitas secara signifikan. Adapun rekomendasi software ERP adalah sebagai berikut.

1. EQUIP ERP

Salah satu aplikasi ERP terbaik yang menawarkan integrasi menyeluruh untuk manajemen keuangan dan persediaan bisnis adalah EQUIP ERP. Software ini 100% unlimited users tanpa tambahan biaya dengan tampilan mobile dan web yang user-friendly. Berikut adalah beberapa modul yang ada di EQUIP ERP.

  • Inventaris, mencakup manajemen pesanan, optimasi rantai pasokan, dan pemantauan stok.
  • Akuntansi, meliputi akuntansi umum, pengeluaran, pembayaran, dan pelaporan keuangan.
  • Procurement, untuk melacak seluruh MRP, PO, PR, pengelolaan tender pembelian dari beragam vendor, evaluasi vendor, blanket order, dan lain-lain.
  • Manufaktur, untuk perencanaan kapasitas, proses produksi, rantai pasokan, kontrol kualitas, dan pemantauan persediaan.
  • CRM (Customer Relationship Management), untuk penjualan, melacak pesanan, manajemen kontak, dan marketing support.
  • HRM (Human Resource Management), meliputi manajemen data karyawan, pelatihan, rekrutmen, evaluasi kinerja, dan administrasi upah.
  • Project Management, untuk merencanakan, mengelola, dan memantau proyek.

Tetapi, Anda perlu berkonsultasi dengan penyedia software jika ingin menggunakan EQUIP ERP. Sebab, ada banyak pilihan fitur dan keberagaman waktu implementasi yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. 

2. HashMicro

Software ERP terbaik selanjutnya adalah HashMicro yang didesain untuk menyederhanakan, mengotomatisasi, dan mengintegrasikan berbagai tugas operasional bisnis. Software ini memiliki kumpulan modul siap pakai, yaitu sebagai berikut.

  • Customer Relationship Management (CRM), meliputi pengelolaan kontak, penjualan, marketing, dan customer service.
  • Akuntansi, mencakup pembukuan, pelaporan, dan pengelolaan transaksi untuk efisiensi serta akurasi data keuangan.
  • Inventaris, untuk mengatur persediaan barang, pembelian, penyimpanan, pelacakan, dan distribusi.
  • Human Resource Management (HRM), mencakup rekrutmen, data tenaga kerja, upah, kinerja, dan absensi.
  • Procurement, untuk mengelola pengadaan barang dan jasa, termasuk pemesanan, pembayaran, hingga kontrol kualitas.

Namun sayangnya, fitur-fitur HashMicro lebih cocok untuk perusahaan dengan skala besar sehingga perlu penyesuaian pada bisnis yang sedang berkembang.

3. Total ERP

Jika Anda ingin menggunakan software ERP yang memiliki fitur analitik dan pelaporan canggih, maka Total ERP adalah jawabannya. Fitur tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang real-time dan akurat. Adapun beberapa modul yang tersedia di Total ERP adalah sebagai berikut.

  • Akuntansi, untuk pengelolaan dan menangani berbagai aktivitas keuangan perusahaan dengan akurasi yang baik.
  • Manajemen Inventaris, untuk pengelolaan persediaan, pesanan, gudang, mengatasi slow moving good, dan efisiensi pelacakan inventaris secara real-time.
  • Purchasing, untuk proses pengadaan, mulai dari pemilihan pemasok hingga penerimaan barang.

Total ERP pun memiliki interface yang user-friendly. Tetapi, fitur, package, dan durasi implementasinya perlu dikonsultasikan sebelum digunakan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis.

4. RedERP

Pengelolaan dan pengintegrasian berbagai aspek operasional bisnis bisa dilakukan dengan penerapan aplikasi ERP terbaik, yaitu RedERP. RedERP menyediakan berbagai modul yang komprehensif guna mendukung beragam fungsi perusahaan. Modul-modul tersebut, meliputi akuntansi, manajemen persediaan, produksi, dan manajemen SDM (Sumber Daya Manusia).

RedERP unggul dalam integrasi antarmodul, fleksibilitas akses melalui platform cloud, hingga fokus pada analisis data guna pengambilan keputusan yang lebih baik. Tetapi memang, Anda masih akan menemukan bug pada sistem dan batasan fitur ketika menggunakan RedERP.

5. Koneksi ERP

Rekomendasi berikutnya adalah Koneksi ERP. Salah satu software ERP ini memiliki teknologi modern dan otomatisasi canggih yang memungkinkan untuk peningkatan performa bisnis dalam waktu relatif singkat. Tidak hanya itu, berikut adalah beberapa modul di Koneksi ERP.

  • Akuntansi, mencakup pembukuan, anggaran, rekonsiliasi bank, perhitungan depresiasi aset, laporan keuangan, dan estimasi arus kas.
  • CRM (Customer Relationship Management), untuk pengelolaan data prospek dan pelanggan, pemantauan proses penjualan, penjadwalan follow-up, serta penyusunan laporan keuangan.
  • Procurement, untuk memaksimalkan efisiensi proses pembelian melalui pengelolaan sumber daya, hubungan vendor, dan pengiriman invoice.
  • Inventori, mencakup manajemen pemasok, peramalan inventaris, pelacakan pengiriman, pengambilan, dan pengepakan stok.
  • Manufaktur, meliputi pengelolaan proses produksi, perencanaan kapasitas, rantai pasokan, pemantauan persediaan, dan kontrol kualitas.

Namun, Anda membutuhkan training untuk proses implementasi awal Koneksi ERP. Selain itu, durasi waktu implementasinya pun bergantung pada jumlah kustomisasi yang diperlukan perusahaan.

Baca juga: Aplikasi Inventaris Barang Kantor: Manfaat dan Contohnya

6. Odoo

Software ERP terbaik lainnya adalah Odoo. Odoo merupakan provider ERP open-source yang menyediakan modul-modul mencakup akuntansi, penjualan, produksi, dan manajemen inventori.

Odoo pun menawarkan sistem laporan dengan format sistematis dan mudah dipahami oleh pengguna. Penerapan Odoo memungkinkan proses kustomisasi dan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga menjadi lebih mudah.

Namun, proses kustomisasi tersebut memang memerlukan waktu yang cukup lama. Di samping itu, versi sistem siap pakai dari Odoo hanya menyediakan fitur-fitur standar yang belum mampu memenuhi segala kebutuhan bisnis. 

7. Epicor

Jika Anda memerlukan aplikasi ERP yang mendukung bisnis kecil dan menengah di berbagai bidang, seperti ritel, manufaktur, serta distribusi, maka Epicor patut dipertimbangkan. Sebagai software ERP terbaik, Epicor mampu mengotomatisasi dan mengintegrasikan proses bisnis. 

Epicor juga memfasilitasi pengelolaan alur kerja dengan lebih produktif dan holistik. Dengan begitu, pengendalian dan manajemen bisnis perusahaan bisa berjalan lebih efisien. Tetapi, Epicor tidak tersedia untuk industri F&B, pertanian, pertambangan, dan konstruksi. Selain itu, biayanya pun cukup mahal dan hanya mencakup beberapa modul.

8. Impact ERP

Impact ERP adalah provider ERP yang dikembangkan untuk membantu dalam mengelola dan meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Software ERP terbaik ini menyediakan fitur-fitur, seperti manufaktur, keuangan, pengelolaan persediaan barang, pembelian, dan penjualan. 

Selain itu, terdapat fitur lainnya, yaitu manajemen rantai pasokan, CRM, HRM, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Impact ERP bisa diadopsi oleh beragam skala bisnis. Tetapi, masih ada keterbatasan dalam kustomisasi sistem dan lebih fokus pada industri manufaktur serta trading. Hal tersebut membuatnya kurang cocok untuk bisnis di sektor lain.

9. WorkWise

Selain Impact ERP, WorkWise adalah salah satu software ERP terbaik yang programnya secara komprehensif telah dirancang untuk kebutuhan industri manufaktur. WorkWise mendukung pelaksanaan produksi dan operasional harian secara efektif serta efisien.

Aplikasi ERP tersebut memiliki kemampuan adaptasi tinggi dengan fitur kustomisasi fungsi dan tampilan yang sesuai dengan kebutuhan tugas secara spesifik. Melalui configure-to-order (CTO), make-to-order (MTO), engineer-to-order (ETO), dan mixed-mode, WorkWise bisa membantu perusahaan membuat keputusan berdasarkan analisis data yang akurat.

Meskipun mudah diakses melalui perangkat mobile, tetapi terkadang ada masalah teknis sehingga perlu dilakukan restart. Selain itu, kapabilitas integritas masih terbatas dan learning curve ERP business software-nya tinggi. Jadi, dibutuhkan dedikasi waktu belajar yang lebih agar bisa menguasai seluruh fiturnya.

10. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal adalah aplikasi ERP terbaik berbasis cloud yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan di Indonesia. Mekari Jurnal menyediakan berbagai fitur yang bermanfaat untuk mengotomatisasi proses akuntansi perusahaan. 

Fitur-fitur yang tersedia di Mekari Jurnal, seperti invoice & PO, laporan cepat & tepat, kontrol stok persediaan, kolaborasi real-time untuk multicabang, integrasi, dan online live chat setiap saat. Software tersebut juga didesain untuk membantu perusahaan mengelola SDM dan CRM secara efisien.

Baca juga: Pengertian Aplikasi HRIS: Manfaat, Tujuan, Fitur, & Contoh

Nah, kira-kira software ERP terbaik manakah yang akan Anda pilih untuk digunakan berdasarkan rekomendasi di atas? Ketika memilih aplikasi ERP terbaik, selalu pertimbangan secara matang terkait kelebihan maupun kekurangannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk menunjang hal tersebut, Anda tentu memerlukan hardware yang mumpuni pula, seperti laptop dan komputer. Dalam hal ini, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Asani. Asani melayani jasa sewa perangkat IT untuk kebutuhan bisnis di kantor.

Asani menyediakan penyewaan perangkat IT dengan harga yang terjangkau. Meskipun begitu, Anda akan memperoleh produk yang berkualitas tinggi. Jika berminat, Anda bisa melihat produk dan harganya di katalog sewa Asani

Ayo segera minta penawaran dengan menghubungi WhatsApp kami atau mengirim email ke cs@asani.co.id. Lancarkan bisnis Anda dengan kelengkapan fasilitas kantor sekarang juga bersama Asani!

Baca juga: 14 Aplikasi Absensi Karyawan untuk Perusahaan, Fitur Lengkap!

Share

Post comment

Product Enquiry