struktur organisasi perusahaan kecil
10

Struktur organisasi perusahaan kecil adalah urutan tingkatan atau jenjang jabatan karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut.

Struktur organisasi ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan karena dapat mengetahui bagaimana setiap jabatan bertanggung jawab terhadap pemegang jabatan lainnya.

Selain itu, struktur organisasi perusahaan kecil juga dapat membantu pihak manajemen untuk mengelola aset perusahaan yang melibatkan jabatan tertentu.

Mari simak informasi mengenai urgensi dan contoh struktur organisasi perusahaan kecil selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Mengenal Pentingnya Struktur Organisasi Perusahaan Kecil

Sekecil apa pun skala bisnisnya, struktur organisasi adalah salah satu elemen penting yang perlu dimiliki oleh setiap perusahaan.

Pasalnya, dengan memiliki struktur organisasi, sebuah perusahaan dapat memperoleh beberapa beberapa keunggulan.

Salah satu contoh keunggulannya adalah perusahaan yang memiliki struktur organisasi tentu akan mempunyai hierarki yang jelas.

Dengan begitu, setiap karyawan akan lebih paham siapa saja yang menjadi tanggung jawabnya dan sebaliknya.

Selain memahami pihak-pihak yang bertanggung jawab, struktur organisasi pada perusahaan kecil juga dapat mencegah terjadinya konflik antarkaryawan.

Terakhir, alasan kenapa struktur organisasi menjadi hal yang penting bagi perusahaan kecil yaitu mampu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Sebab, struktur organisasi juga memungkinkan setiap karyawan untuk memahami jobdesknya masing-masing. 

Baca juga: 5 Contoh Laporan Aset Perusahaan, Fungsi & Cara Membuatnya

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Kecil

Dalam menyusun bagan organisasi perusahaan kecil, terdapat enam contoh struktur yang umum digunakan, di antaranya yaitu struktur fungsional, divisional, tim, matriks, datar, dan berdasarkan proyek. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Struktur Fungsional

Contoh struktur organisasi perusahaan kecil yang pertama adalah struktur dengan pola fungsional.

Pada dasarnya, struktur ini dibuat dengan cara mengumpulkan karyawan dengan keahlian yang sama dalam satu kelompok.

Misalnya, karyawan yang memiliki spesialisasi di bidang pemasaran akan disatukan pada divisi marketing. Sementara itu, karyawan yang bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan perusahaan akan dikelompokkan pada divisi finance.

2. Struktur Divisional

Contoh struktur organisasi perusahaan kecil berikutnya adalah struktur dengan pola divisional.

Struktur divisional adalah jenis bagan organisasi yang bisa digunakan jika perusahaan Anda memiliki jenis produk berbeda atau sedang berencana membuka cabang di kota lain.

Sebab, dalam struktur ini, karyawan pada suatu perusahaan akan dikelompokkan sesuai dengan jenis produk yang dijual atau berdasarkan cabang setiap kota.

Sebagai contoh, karyawan yang bekerja di wilayah Jakarta akan dikelompokkan dalam tim Jakarta.

Tim tersebut nantinya akan terdiri dari karyawan dari bidang marketing, IT, sales, finance, dan lain sebagainya.

Karena itu, perusahaan kecil yang menerapkan struktur organisasi pola divisional cenderung memiliki rincian karyawan serupa pada setiap timnya.

3. Struktur Matriks

Pola matriks adalah contoh struktur organisasi perusahaan yang memiliki karakteristik gabungan dari pola fungsional dan divisional.

Lebih tepatnya, struktur ini akan bekerja seperti sebuah tim dan memiliki seorang pemimpin pada setiap timnya. Namun, struktur ini biasanya tidak memiliki kepala atau manajer yang bertanggung jawab pada departemen bidang.

Adapun keunggulan struktur matriks pada bagan organisasi perusahaan adalah dapat membuat karyawan lebih fokus terhadap sebuah produk.

Kendati demikian, struktur ini kerap membingungkan karyawan mengenai siapa saja yang bertanggung jawab, mengingat mereka memiliki terlalu banyak pihak yang berwenang (desentralisasi).

Baca juga: 14 Aplikasi Absensi Karyawan untuk Perusahaan, Fitur Lengkap!

4. Struktur Tim

Struktur tim merupakan salah satu jenis bagan organisasi perusahaan kecil yang menyerupai struktur matriks. Namun, struktur ini cenderung mengarah ke struktur fungsional yang terdesentralisasi.

Keunggulan dari struktur tim adalah dapat membantu mendorong produktivitas, transparansi, dan pertumbuhan suatu bisnis.

Struktur ini juga cenderung lebih memprioritaskan pengalaman dan kinerja karyawan, alih-alih senioritas.

Sementara itu, kelemahan dari struktur tim yaitu dapat membuat jenjang karier menjadi tidak jelas. Hal tersebut kerap membuat karyawan cenderung enggan untuk bekerja lebih keras agar bisa dipromosikan.

5. Struktur Datar

Struktur datar adalah struktur organisasi yang sangat terdesentralisasi, di mana hal ini membuat hampir seluruh karyawan memiliki tanggung jawab dan wewenang yang sama.

Umumnya, struktur datar ini membuat jajaran eksekutif dan pihak manajemen hanya memiliki otoritas serta wewenang yang sedikit lebih banyak dibandingkan karyawan biasa.

Struktur datar biasanya digunakan oleh perusahaan rintisan (start up) karena masih belum memiliki cukup karyawan untuk dikelompokkan ke dalam beberapa departemen.

Meski membuat perusahaan kurang pengawasan dan wewenang, struktur ini dapat membuat karyawan mampu bekerja lebih mandiri dan lebih cepat untuk mengimplementasikan ide baru.

6. Struktur Berdasarkan Proyek

Contoh struktur organisasi perusahaan kecil yang terakhir adalah struktur berdasarkan proyek. Dengan kata lain, struktur organisasi ini akan mengelompokkan karyawan sesuai dengan proyek yang sedang dikerjakan.

Struktur organisasi ini biasanya hanya bersifat sementara. Pihak manajemen dapat membubarkan tim ketika proyek telah selesai dikerjakan.

Baca juga: 6 Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Contoh Bagan Struktur Organisasi Perusahaan Kecil dan Tugasnya

Untuk membantu Anda dalam memahami struktur organisasi perusahaan kecil, berikut adalah salah satu contoh bagan organisasi yang menggunakan pola fungsional.

Dari contoh bagan di atas, terdapat beberapa unit yang memiliki tugasnya masing-masing, yaitu:

  • Pemilik perusahaan (direktur): Memiliki wewenang sebagai penanggung jawab seluruh kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Direktur juga bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap manajer.
  • Manajer finansial: Pihak yang memiliki wewenang dalam pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan. Selain itu, manajer finansial biasanya juga bertanggung jawab untuk masalah perpajakan perusahaan.
  • Manajer operasional: Bertanggung jawab untuk mengelola segala aktivitas yang berkaitan dengan operasional perusahaan. Misalnya, manajer operasional akan berhubungan secara langsung dengan karyawan atau staf yang bertugas dalam kegiatan produksi harian.
  • Manajer pemasaran: Pihak yang bertugas mengelola proses penawaran produk atau jasa perusahaan kepada pasar.
  • Manajer personalia: Memiliki wewenang dalam mengatur sumber daya manusia perusahaan, mulai dari karyawan, staf, hingga peserta program magang. Selain itu, manajer personalia yang bertanggung jawab dalam proses rekrutmen karyawan.
  • Manajer pengembangan usaha: Pihak yang memiliki wewenang atas pengembangan suatu produk perusahaan. Umumnya, manajer pengembangan usaha adalah seorang peneliti yang memiliki spesialisasi keilmuan terkait produk perusahaan.

Seperti itulah contoh struktur serta bagan organisasi perusahaan kecil yang penting untuk dipahami.

Selain struktur organisasi, penting pula untuk menyediakan perangkat laptop atau komputer bagi karyawan guna mendukung operasional perusahaan.

Berbicara mengenai perangkat laptop dan komputer untuk aset perusahaan, Asani tentu bisa menjadi andalan Anda.

Asani merupakan perusahaan yang menyediakan jasa sewa peralatan elektronik berkualitas, terutama laptop dan komputer untuk menunjang keperluan operasional kantor.

Selain jasa penyewaan, Asani juga dilengkapi dengan jasa konsultasi gratis dengan para ahli IT guna membantu perusahaan Anda dalam menangani berbagai permasalahan terkait dengan IT.

Tak perlu ragu lagi, mari segera ajukan penawaran jasa sewa perangkat elektronik untuk perusahaan Anda sekarang juga!

Baca juga: Inilah Cara Meningkatkan Keuntungan Perusahaan!

Post comment

Product Enquiry