cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop
3900

Berkembangnya teknologi nirkabel saat ini mengharuskan kita untuk mengetahui cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop dengan benar. Meski bukan termasuk fasilitas kantor, headset Bluetooth kerap menunjang aktivitas Anda, tak terkecuali saat menghadiri rapat secara daring.

Namun, sebagian orang mungkin masih belum memahami bagaimana cara menghubungkan headset Bluetooth ke laptop, mengingat adanya perbedaan operating system (OS). Tak hanya itu, kesalahan teknologi juga bisa saja terjadi sehingga headset Bluetooth tidak terdeteksi.

Lantas, bagaimana cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop secara praktis? Mari simak uraian berikut ini hingga tuntas.

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke Laptop Windows

Ada berbagai cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop, salah satunya perangkat berbasis Windows. Untuk itu, simak poin-poin di bawah ini sampai tuntas dan usahakan jangan sampai terlewat, ya.

1. Pergi ke Menu Settings

Langkah awal cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop yakni dengan memastikan bahwa Bluetooth sudah dinyalakan. Namun untuk memastikannya, Anda perlu pergi ke menu Settings.

Pertama, klik tombol Start/Windows dan kemudian klik menu Settings. Beberapa orang terbiasa menggunakan tombol pintas Windows + i pada keyboard. Apabila dialog Settings telah terbuka, Anda bisa pilih menu Devices untuk mengetahui perangkat-perangkat eksternal yang terhubung di laptop Anda.

2. Nyalakan Bluetooth

Setelah melakukan langkah awal, Anda baru bisa menyalakan Bluetooth yang terdapat pada laptop. Sebagai informasi, Bluetooth merupakan terobosan di bidang teknologi yang memungkinkan perangkat-perangkat seperti headset, keyboard, dan lainnya untuk saling berinteraksi tanpa menggunakan kabel.

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop pada langkah ini pun mudah, Anda cukup mengklik menu Bluetooth & other devices, selanjutnya klik tombol On pada bagian Bluetooth.

3. Hidupkan Headset Bluetooth yang Ingin Disambungkan

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop berikutnya adalah memastikan headset Bluetooth yang diinginkan telah menyala.

Pada dasarnya di tahap ini, headset Bluetooth memiliki ragam cara untuk menghidupkannya, namun umumnya terdapat tombol Power atau On yang perlu Anda tekan dan biasanya lampu LED akan menyala sebagai tanda bahwa perangkat nirkabel telah aktif. 

Di samping itu headset Anda harus berada dalam mode discoverable, yakni mode yang memungkinkan headset bisa dideteksi oleh perangkat lain melalui Bluetooth.

Pada tahap ini, Anda perlu kembali untuk melihat buku manual atau tutorial yang disertakan dalam kotak pembelian headset.

Baca juga: Apa itu MikroTik? Ini Fungsi, Jenis, Fitur, dan Kelebihannya

4. Pilih “Add Bluetooth or Other Devices”

Jika sudah aktif, cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop berikutnya adalah menghubungkannya ke perangkat laptop Anda. Pada menu Bluetooth Settings, klik pada opsi Add Bluetooth or other devices

Di sana, Anda bisa menemukan berbagai perangkat dengan koneksi Bluetooth yang bisa dihubungkan, salah satunya headset Bluetooth Anda.

5. Klik pada Perangkat yang Diinginkan

Setelah perangkat terdeteksi oleh laptop Anda, cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop selanjutnya adalah mengklik pada perangkat yang diinginkan.

Pada beberapa kasus, Anda mungkin perlu disconnect atau memutuskan sambungan perangkat lain yang terhubung sebelum melakukan menyambungkan headset Bluetooth ke laptop. Setelah itu, jangan lupa untuk mengklik opsi Connect pada laptop untuk menyambungkannya. 

6. Tunggu sampai Bluetooth Terhubung

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop terakhir adalah memastikan perangkat telah berhasil terhubung. Pada beberapa kasus, Anda mungkin harus menunggu beberapa saat sampai tampilan perangkat di laptop Anda menjadi Paired atau Connected. Headset Bluetooth Anda siap digunakan.

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke Macbook

Tidak semua laptop memiliki basis operating system (OS) Windows, ada juga Macbook yang memiliki basis MacOS. Tentunya, langkah-langkah untuk cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop pun tidak akan sama. 

Berikut adalah langkah-langkah cara menyambungkan headset Bluetooth ke Macbook yang bisa Anda simak.

  1. Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa perangkat yang ingin dihubungkan telah aktif dan dapat ditemukan (discoverable).
  2. Pada Macbook Anda, pilih menu Apple, lalu pergi ke Pengaturan Sistem, kemudian klik menu Bluetooth yang terletak tepat di bawah menu Wi-Fi.
  3. Jika Bluetooth sudah nyala, seharusnya Anda bisa menemukan perangkat headset Bluetooth yang ingin dihubungkan dan klik Hubungkan/Connect
  4. Untuk proses pertama kali, biasanya Anda perlu memasukkan rangkaian nomor untuk menghubungkan perangkat dengan Macbook, lalu tekan Enter.

Selain itu, ada cara yang lebih cepat menghubungkan perangkat Bluetooth ke Macbook yakni dengan mengklik ikon status Bluetooth di menu bar dan memilih perangkat. Apabila ikon tidak muncul di menu bar, Anda bisa menambahkannya di pengaturan Pusat Kontrol.

Baca juga: 10 Perlengkapan Ruang Meeting untuk Produktivitas Perusahaan

Bagaimana Jika Headset Bluetooth Gagal Tersambung?

Anda sudah melakukan seluruh cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop tapi tidak kunjung berhasil? Anda tidak perlu khawatir, belum tentu headset Bluetooth Anda rusak dan tidak bisa dipakai. 

Mungkin ada sedikit kesalahan teknis yang membuat headset Bluetooth gagal tersambung dan Anda perlu mengatasi permasalahan tersebut. Untuk itu, mari simak penjelasan berikut supaya headset Bluetooth Anda bisa tersambung ke laptop.

1. Mengulang Kembali Headset Bluetooth

Hal pertama yang bisa Anda lakukan jika headset Bluetooth gagal tersambung adalah dengan mengulang kembali atau restart perangkat tersebut. Caranya, matikan sementara headset Bluetooth dengan menekan tombol Power atau Off dan tunggu beberapa saat.

Setelahnya, Anda bisa menghidupkan kembali perangkat dan lihat apakah headset Bluetooth sudah terdeteksi atau belum.

2. Memastikan Headset Bluetooth Terisi Daya

Pada kenyataannya, tidak semua headset Bluetooth memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui persentase baterai yang masih tersisa. Sebagian perangkat mungkin memiliki lampu LED untuk mengindikasikan bar baterai yang tersisa.

Pada langkah ini, Anda perlu memastikan bahwa headset Bluetooth terisi daya dengan mengecek persentase baterai atau mengisi daya headset terlebih dahulu. Jika dirasa sudah terisi, Anda bisa kembali melakukan cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop.

3. Mengatur Ulang Headset Bluetooth

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan bila headset Bluetooth gagal tersambung adalah dengan mengatur ulang atau reset headset Bluetooth.

Ketika diatur ulang, semua kustomisasi dan pengaturan pada headset Bluetooth akan dikembalikan ke tahap default. Harapannya, bug, eror, atau permasalahan lainnya pada perangkat akan ikut hilang.

Sejatinya cara reset headset Bluetooth juga beragam, namun tidak ada salahnya untuk mencoba langkah-langkah berikut ini:

  1. Matikan headset Bluetooth dengan menahan tombol Power/Off.
  2. Kemudian, tekan tombol Power + Volume Up + Volume Down secara bersamaan.
  3. Tunggu beberapa saat.
  4. Headset Bluetooth berhasil diatur ulang dan siap untuk disambungkan.

Demikian penjelasan mengenai cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop yang bisa Anda lakukan jika mengalami kesulitan. Dapat disimpulkan, terdapat variasi cara menyambungkan headset Bluetooth ke laptop yang bisa diterapkan, baik laptop Windows maupun MacOS. 

Namun, jika headset Bluetooth tak kunjung dapat dipasangkan, jangan khawatir, mungkin Anda hanya perlu melakukan langkah lebih lanjut, seperti mengulang kembali atau mengatur ulang perangkat Anda. 

Tidak hanya fokus pada perlengkapan pribadi, Anda juga perlu memastikan pemenuhan fasilitas kantor untuk kelangsungan operasional bisnis. Dalam hal ini, Anda bisa memercayakan pada Asani untuk urusan penyewaan laptop!

Asani merupakan solusi terhadap jasa sewa peralatan elektronik berkualitas, mulai dari laptop, komputer, monitor hingga speaker dan LCD untuk pelaksanaan rapat. Selengkapnya, Anda bisa cek di katalog sewa Asani. Anda juga bisa mengajukan penawaran melalui WhatsApp atau email ke cs@asani.co.id untuk kesepakatan lebih lanjut. 

Tak hanya itu, apabila perusahaan Anda hendak mencari pihak yang dapat membantu pengelolaan aset perusahaan secara praktis dan terpercaya, Asani menyediakan layanan tersebut pada aplikasi MyAsani. Di samping layanan dari aplikasi, Anda bisa berkonsultasi secara gratis seputar permasalahan perusahaan, baik IT atau operasional.

Jadi, tunggu apa lagi? Gabung bersama MyAsani dan raih manfaatnya sekarang juga!

Baca juga: Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan Mudah

Share

Post comment

Product Enquiry