cara mengatasi usb device not recognized
2230

Jika keyboard atau perangkat keras lain yang terhubung ke komputer tidak berfungsi, maka Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi USB device not recognized untuk mengatasinya. 

Perlu diketahui, USB merupakan alat penghubung antara komputer dan perangkat keras, seperti keyboard, mouse, printer, dan sebagainya. Ada kalanya, USB tersebut tidak dapat terdeteksi oleh komputer sehingga muncul notifikasi yang bertuliskan “USB Not Recognized”. Jika Anda masih belum mengetahui cara mengatasi hal tersebut, baca artikel ini sampai tuntas. 

Penyebab USB Device Not Recognized

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi USB device not recognized, sebaiknya Anda perlu mengetahui penyebab dari permasalahan tersebut. USB device not recognized artinya USB yang Anda hubungkan ke komputer/laptop tidak dapat dikenali. Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan permasalahan tersebut adalah sebagai berikut.

  • USB pada perangkat keras mengalami kerusakan.
  • Konektor USB pada komputer/laptop mengalami kerusakan.
  • Driver sudah kedaluwarsa atau out of date.
  • Ada suatu setting pada komputer/laptop yang membuat perangkat USB tidak dapat dikenali.

Dengan mengetahui beberapa penyebab umum di atas, Anda akan terbantu untuk menentukan cara memperbaiki USB device not recognized yang tepat.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Sebelum memutuskan untuk membawa komputer atau laptop ke tukang servis karena permasalahan USB tidak terdeteksi, sebaiknya Anda coba untuk memperbaikinya sendiri dengan melakukan beberapa cara mengatasi USB device not recognized yang bisa mudah ini. 

Dengan begitu, Anda bisa lebih berhemat karena tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya servis. Adapun cara-cara mengatasi USB device not recognized adalah sebagai berikut.

1. Restart Komputer

Cara mengatasi USB device not recognized yang paling mudah untuk dilakukan adalah restart. Pada umumnya, dengan memulai ulang atau me-restart komputer/laptop dapat mengatasi malfungsi sistem yang sedang terjadi. Malfungsi tersebut berpotensi dapat membuat komputer/laptop tidak mengenali perangkat yang dihubungkan melalui USB.

Untuk dapat melakukan hal ini, Anda hanya perlu melakukan restart dan menunggu selama beberapa menit sampai proses tersebut selesai. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung bisa mencoba USB tersebut.

2. Install Ulang Atau Update Driver

Cara mengatasi USB device not recognized yang selanjutnya adalah dengan melakukan install ulang atau update driver. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu penyebab USB tidak dapat dikenali adalah driver yang sudah kedaluwarsa. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan update pada driver perangkat keras tersebut dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk ke device manager.
  2. Cari USB driver dari perangkat keras yang tidak dapat dikenali.
  3. Klik kanan, lalu pilih update driver software.
  4. Pilih mode pencarian otomatis (Automatic Search) untuk menemukan versi ter-update dari driver tersebut.

Namun, jika driver dari perangkat keras tersebut sudah dalam versi terbarunya, maka ada indikasi bahwa driver tersebut mengalami ketidakstabilan. Jadi, melakukan install ulang bisa menjadi solusi USB device not recognized tersebut. Berikut merupakan langkah-langkah melakukan install ulang driver.

  1. Lepas perangkat keras yang terhubung dengan komputer/laptop Anda.
  2. Buka device manager, lalu cari driver dari perangkat tersebut.
  3. Klik kanan dan pilih uninstall.
  4. Setelah selesai, Anda bisa menghubungkan kembali perangkat keras tersebut ke komputer/laptop Anda.
  5. Pada umumnya, komputer/laptop akan secara otomatis melakukan install driver dari perangkat yang dihubungkan.

3. Matikan Mode Fast Startup

Mode fast startup adalah mode yang bisa membuat proses booting pada komputer/laptop Anda bisa semakin cepat. Namun, dengan mengaktifkan mode ini, ada beberapa masalah yang mungkin timbul, salah satunya adalah USB tidak dikenali. 

Maka dari itu, mematikan mode fast startup bisa menjadi salah satu cara mengatasi USB device not recognized. Berikut merupakan cara mematikan mode fast startup yang perlu Anda ketahui.

  1. Buka control panel, kemudian pilih hardware and sound, lalu pilih power options.
  2. Cari pilihan “Choose what the power button does” kemudian klik kiri.
  3. Pilih “Change settings that are currently unavailable”.
  4. Setelah itu, hapus centang pada pilihan “Turn on fast startup”.
  5. Lakukan restart dan hubungkan kembali USB dari perangkat keras yang dikehendaki.

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi & Penyebabnya

4. Mencoba di Komputer Lain

Mencoba USB perangkat keras di komputer lain merupakan cara mengatasi USB device not recognized yang mudah untuk dilakukan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu penyebab USB device not recognized adalah karena USB dari perangkat keras mengalami kerusakan.

Untuk memastikan hal tersebut, maka Anda bisa mencobanya terlebih dahulu di laptop/komputer lain. Jika perangkat USB tersebut tidak dapat dikenali serta tidak bisa digunakan, maka bisa dipastikan USB dari perangkat keras tersebut mengalami kerusakan. 

Jika yang terjadi sebaliknya, maka permasalahan yang sebenarnya ada pada komputer atau laptop Anda.

5. Matikan Mode USB Selective Suspend

Mode USB selective suspend dapat membuat daya baterai dari laptop Anda lebih hemat. Namun, mode ini dapat membuat beberapa USB dari laptop Anda tidak dapat berfungsi. Maka dari itu, mematikan mode USB selective suspend dapat menjadi cara mengatasi USB device not recognized yang bisa Anda lakukan. Untuk dapat mematikannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pergi ke control panel dan pilih opsi power options.
  2. Pilih change plan settings.
  3. Kemudian, pilih change advance power settings.
  4. Pilih pengaturan USB, kemudian klik USB selective suspend settings.
  5. Nonaktifkan pengaturan plugged in serta on battery, kemudian klik apply dan ok.

6. Putuskan Semua Perangkat USB Lain

Ada kalanya, sebuah komputer atau laptop memiliki batasan tertentu dalam menjalankan beberapa fungsi perangkat keras sekaligus. Jika di komputer/laptop Anda terhubung lebih dari satu perangkat keras, sebaiknya putuskan beberapa perangkat tersebut. Memutuskan perangkat USB yang terhubung bisa menjadi cara mengatasi USB device not recognized yang bisa Anda coba.

Jika setelah melakukan cara tersebut perangkat keras yang masih terhubung jadi bisa terdeteksi, maka dapat diambil kesimpulan bahwa komputer/laptop Anda tidak mampu menjalankan fungsi beberapa perangkat keras sekaligus. 

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Mudah!

7. Lakukan Pengaturan Ulang pada Power Management

Cara mengatasi USB device not recognized yang terakhir adalah dengan melakukan pengaturan ulang pada power management. Perlu diketahui, ada sebuah fitur di mana komputer/laptop dapat secara otomatis mematikan fungsi dari sebuah device untuk menghemat daya.

Fitur tersebut bisa menjadi penyebab utama kenapa USB dari perangkat keras yang Anda hubungkan tidak terdeteksi. Untuk dapat melakukan pengaturan ulang, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tekan huruf R dan logo windows secara bersamaan.
  2. Setelah jendela informasi muncul, ketikkan “devmgmt.msc”.
  3. Cari opsi USB root hub, kemudian klik kanan dan pilih properties.
  4. Masuk ke power management, lalu hapus centang pada bagian allow the computer turn off this device to save power. Lalu, klik ok.

Itulah beberapa informasi tentang cara mengatasi USB device not recognized yang perlu Anda ketahui. Keberadaan perangkat keras sangatlah penting untuk mendukung performa komputer dan meningkatkan efektifitas dalam bekerja. 

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki perangkat yang sesuai guna menunjang pekerjaan. Untuk Anda yang sedang mencari perangkat keras atau peralatan IT yang berkualitas dan sesuai budget, Anda bisa menyewanya di Asani. Asani menawarkan berbagai perangkat, mulai dari laptop, komputer, hingga peralatan rapat dan router

Perlu diketahui, menyewa peralatan jauh lebih hemat dibandingkan membelinya langsung. Dengan menyewa, Anda bisa mendapatkan peralatan dengan tipe terbaru tanpa perlu membelinya setiap kali ada tipe terbaru diluncurkan. Jika tertarik untuk menyewa peralatan di Asani, Anda bisa cek katalog sewa ini.

Jadi, tunggu apalagi? Langsung minta penawaran dan hubungi tim Asani melalui WhatsApp atau kirim email ke cs@asani.co.id untuk dapatkan peralatan IT terbaru dan berkualitas untuk perusahaan Anda.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Share

Post comment

Product Enquiry