cara reset windows 10
900

Pada dasarnya, cara reset Windows 10 cukup mudah untuk dilakukan. Terdapat beberapa cara reset Windows 10 yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan teknisi profesional. 

Perlu diketahui, melakukan reset Windows bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan performa laptop atau PC Anda karena dapat menghapus file-file yang menumpuk. Jika Anda tidak ingin kehilangan file-file tersebut, ada juga cara reset Windows 10 tanpa menghapus data yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang masih belum tahu cara reset Windows 10, simak artikel ini sampai habis

Mengapa Harus Melakukan Reset Windows?

Sebelum melanjutkan ke pembahasan cara reset Windows 10, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa harus melakukan reset Windows. Reset Windows biasanya perlu dilakukan apabila laptop atau komputer Anda tidak berjalan seperti biasanya, misal laptop Anda mulai melambat. Dengan melakukan reset, permasalahan semacam itu dapat teratasi.

Selain itu, reset Windows juga perlu dilakukan ketika hendak menjual atau membeli suatu laptop. Reset Windows dapat menghapus seluruh data dan aplikasi yang telah terpasang pada laptop maupun komputer sehingga kondisinya sama seperti baru. 

Cara Reset Windows 10

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, terdapat beberapa cara reset Windows 10 yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan teknisi. Adapun beberapa cara reset Windows 10 adalah sebagai berikut. 

1. Melalui Setting Menu

Cara reset Windows 10 yang pertama adalah melalui setting menu. Cara ini termasuk cara reset Windows 10 tanpa install ulang karena hanya perlu mengakses setting menu saja untuk dapat melakukannya. Adapun cara reset Windows 10 melalui setting menu adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke setting menu dengan cara klik tombol start atau menekan tombol berlogo Windows pada papan ketik.
  2. Setelah berhasil masuk, pilih menu Update & Security. Jika Anda kesulitan mencarinya, menu ini terletak pada bagian bawah.
  3. Lalu, pilih menu Recovery.
  4. Kemudian, pilih opsi Get Started pada pilihan Reset this PC.
  5. Setelah itu, akan muncul dua opsi, yakni Remove Everything dan Keep My Files. Pilihan pertama akan mereset Windows sekaligus menghapus seluruh data Anda. Sedangkan untuk pilihan kedua sistem hanya akan mereset Windows tanpa menghapus data. Setelah memilih opsi paling sesuai untuk Anda, klik Next.
  6. Jika jendela pemberitahuan sudah muncul, klik Reset.
  7. Setelah itu sistem akan memulai proses reset. Ketika proses sudah selesai, tekan Continue untuk menyalakan komputer kembali.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Keyboard Serta Fungsinya (Wajib Tahu)

2. Melalui Sign In

Cara reset Windows 10 selanjutnya adalah melalui Sign In. Metode ini bisa dilakukan ketika Anda kesulitan untuk masuk ke setting menu. Pada umumnya, Anda akan kesulitan untuk mengakses setting menu ketika terdapat virus dalam laptop Anda atau terdapat beberapa file yang korup. Adapun cara reset Windows 10 melalui sign in adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Windows dan L pada papan ketik secara bersamaan.
  2. Setelah itu, klik tombol power kemudian klik restart sembari menekan tombol shift pada papan ketik.
  3. Ketika sudah berhasil masuk ke menu WinRE (Windows Recovery) klik opsi Troubleshoot.
  4. Lalu, pilih opsi Reset this PC

3. Melalui BIOS

Cara reset melalui BIOS juga sering disebut sebagai cara reset Windows 10 lewat booting karena metode ini mengharuskan laptop atau komputer dalam kondisi booting untuk dapat melakukannya. Adapun cara reset Windows 10 melalui BIOS adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, restart laptop atau komputer Anda. Ketika sudah memasuki proses booting, tekan tombol del atau F1 untuk masuk ke menu BIOS. Apabila tombol tersebut tidak bisa, maka perlu mengecek buku panduan laptop atau PC Anda untuk dapat masuk ke menu BIOS.
  2. Setelah berhasil masuk ke menu BIOS, pilih opsi Load setup default, Reset to Default, atau Load optimal default. Opsi tersebut memiliki nama yang berbeda tergantung motherboard yang Anda gunakan.
  3. Pilih opsi Yes, kemudian tunggu proses reset sampai selesai.
  4. Setelah selesai, pilih opsi Exit saving changes kemudian pilih Yes.

Perlu diketahui, melakukan reset Windows melalui BIOS tidak akan menghapus data-data Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data ketika melakukan reset melalui BIOS. Perlu diingat, jika Anda merasa ragu dan takut gagal reset Windows 10, maka Anda bisa meminta bantuan teknisi.

Baca juga: Apa Penyebab Layar Laptop Berkedip? Ini Solusinya!

4. Membersihkan CMOS

Membersihkan CMOS atau melakukan motherboard jumper perlu Anda lakukan apabila Anda tidak bisa masuk ke dalam menu BIOS. Beberapa penyebab pengguna tidak bisa masuk ke menu BIOS adalah karena lupa password atau ada data yang korup. Adapun cara reset Windows 10 melalui pembersihan CMOS adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, cabut seluruh sumber daya listrik pada komputer. Untuk laptop, Anda juga perlu mencabut baterainya.
  2. Buka komputer atau laptop Anda secara perlahan dan hati-hati. Pastikan juga Anda sudah menyentuh permukaan logam untuk menghilangkan listrik statis sebelum membuka laptop atau komputer.
  3. Buka akses untuk melihat motherboard dan cari lokasi baterai CMOS. Pada umumnya, baterai CMOS berada di bawah GPU atau berada di dekat PCI slots. Setelah berhasil menemukannya, lepas baterai tersebut dengan perlahan.
  4. Setelah itu, tekan tombol power pada laptop atau komputer Anda selama kurang lebih 15 detik untuk melepaskan daya dari perangkat tersebut. Setelah itu, CMOS akan secara otomatis mengatur ulang memorinya dan mengatur ulang BIOS.
  5. Masukkan kembali baterai CMOS pada tempatnya dan kembalikan laptop atau komputer Anda ke kondisi semula.

Jika motherboard tidak memiliki baterai CMOS, maka Anda bisa menggunakan jumper CMOS yang biasanya memiliki label Clear, Clear CMOS, atau CLR. Jika kesulitan untuk menemukannya, Anda bisa mengecek buku panduan atau laman resmi dari motherboard yang digunakan. 

Setelah berhasil menemukannya, pindah pin jumper tersebut ke dua pin jumper lainnya. Dengan begitu, komputer atau laptop Anda akan direset.

Itulah beberapa informasi mengenai cara reset Windows 10 yang perlu Anda ketahui. Pada umumnya, reset Windows perlu dilakukan ketika Anda hendak membeli atau menjual laptop maupun komputer. Bagi Anda yang sedang mencari laptop, komputer, maupun peralatan lainnya untuk keperluan perusahaan, maka Anda bisa menyewanya di Asani.

Perlu diketahui, menyewa bisa lebih hemat daripada membeli. Dengan menyewa, Anda bisa mendapatkan produk dengan tipe terbaru dan dapat mengikuti perkembangan teknologi dengan konsisten. Hal tersebut tentunya jauh lebih hemat jika dibandingkan harus selalu membeli suatu produk ketika tipe terbarunya keluar.

Asani menyediakan layanan sewa berbagai peralatan IT, seperti laptop, proyektor, dan lain-lain yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan di perusahaan Anda. Jika tertarik untuk menyewa, Anda bisa langsung melihat daftar barang-barangnya di katalog sewa ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera minta penawaran dengan menghubungi WhatsApp kami atau kirim email ke cs@asani.co.id  Dapatkan peralatan IT terbaru untuk perusahaan Anda di Asani sekarang juga!

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Nge-blank dengan Mudah, Yuk Simak!

Share

Post comment

Product Enquiry